Selasa 06 Mar 2018 19:21 WIB

Angkatan Laut dari 25 Negara akan Latihan Bersama di NTB

MNEK adalah latihan melibatkan banyak negara guna membangun kepercayaan angkatan laut

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Angkatan Laut Vietnam (ilustrasi)
Foto: Radio Suara Vietnam
Angkatan Laut Vietnam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja mengatakan, sebanyak 25 negara dipastikan hadir dalam Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Negara-negara tersebut meliputi, Brunei Darusalam, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Vietnam, Philipina, Singapura, Cina, Polandia, Brazil, Meksiko, Rusia, Australia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Peru, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Prancis, Myanmar, Srilanka, Swedia, hingga Turki.

"Rencananya kurang lebih 25 negara dipastikan akan hadir dalam Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018," ujar Ary saat pelaksanaan Final Planning Conference (FPC) di Hotel Golden Palace, Mataram, NTB, Selasa (6/3).

Ary menjelaskan, MNEK 2018 adalah latihan bersama melibatkan banyak negara yang bertujuan membangun kepercayaan angkatan laut negara-negara di dunia, khususnya yang berkaitan dengan permasalahan keamanan maritim.

"Negara-negara peserta latihan ini telah melaksanakan diplomasi bagi negaranya yang menjadi salah satu peran universal angkatan laut di dunia," lanjut Ary.

FPC merupakan kelanjutan dari kegiatan Initial Planning Conference (IPC) pada Juli 2017 di Surabaya, dan Middle Planning Conference (MPC) pada November 2017 di Jakarta.

FPC, lanjut Ary, adalah pertemuan tahap akhir dalam rangka pelaksanaan kegiatan MNEK 2018 yang rencananya akan berlangsung pada 4-9 Mei 2018 mendatang.

Selain diskusi, dalam FPC juga akan dilaksanakan peninjauan perwakilan dari seluruh delegasi ke tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi kegiatan meliputi Lombok Utara yang dijadikan lokasi kegiatan pembangunan infrastruktur atau Engineering Civic Action Programme (Encap) dan bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (Medcap), rumah sakit Mataram untuk fasilitas Chamber, Gili Trawangan yang dijadikan lokasi transplantasi terumbu karang, serta Pelabuhan Lembar yang akan dijadikan lokasi Fleet Inspection.

Menurut Ary, latihan MNEK Komodo yang digagas TNI AL ini merupakan kegiatan penting dalam bentuk latihan nonperang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional untuk mendapatkan dasar bangunan kuat yaitu kepercayaan, kepercayaan antar negara dan antar angkatan laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement