Senin 05 Mar 2018 16:41 WIB

Ridwan Kamil Ingin Bangun Apartemen untuk Pekerja Jabar

Membangun apartemen di pabrik itu adalah solusi yang paling logis.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Kaum milenial berebut tanda tangan kandidat Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Cikarang, Bekasi, Rabu (28/2)
Kaum milenial berebut tanda tangan kandidat Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Cikarang, Bekasi, Rabu (28/2)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan ingin membangun apartemen untuk para buruh atau pekerja. Gagasan ini direncanakannya setelah mendengar aspirasi dari para buruh selama berkampanye di kawasan pantura Jawa Barat. Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengaku mendapat aspirasi dan keluhan dari para buruh terkait tempat tinggal. Ia pun menjanjikan akan membangun apartemen di dekat lingkungan pabrik bagi para buruh.

"Sebanyak 70 persen curhatan warga itu di ekonomi. Ke buruh ternyata curhatnya bukan UMP, tetapi bagaimana kami punya rumah. Maka, kami ada program membangun apartemen di pabrik itu adalah solusi yang paling logis akan kita tawarkan bagi buruh se-Jawa Barat," kata Kang Emil usai kegiatannya dalam peletakan batu pertama Masjid Al Shodiqin, Cinambo, Kota Bandung, Senin (5/3).

Menurut Emil, dengan membangun tempat tinggal di lingkungan kerja akan berdampak positif bagi para buruh. Rumah dan tempat bekerja tidak jauh sehingga ongkos lebih murah. Selain itu, lebih dekat dengan keluarganya. Selama ini, kata dia, kebanyakan buruh tinggal jauh dari pabrik tempatnya bekerja. Mereka harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dan menghabiskan biaya. "(Buruh) harus naik motor pindah ke rumahnya yang sangat jauh sehingga stres dan cost di jalan yang sangat mahal," ujarnya.

Ia menambahkan, bagian pantura Jawa Barat memang menjadi salah satu titik fokus kampanyenya. Sebab, di kawasan tersebut tingkat keterkenalannya masih minim. Oleh karena itu, selain menerima keluhan dan masukan warga, ia juga mengenalkan diri dan pasangannya, UU Ruzhanul Ulum, yang tengah berkompetisi  menjadi orang nomor satu di Jawa Barat.

Sedangkan, untuk Kota Bandung, Emil optimistis bisa meraih suara 70 persen. Menurut Kang Emil, kinerjanya selama memimpin Kota Bandung menjadi modal masyarakat percaya ia bisa memimpin Jawa Barat juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement