Selasa 27 Feb 2018 12:03 WIB

Ustaz Abdul Somad, Apakah Ikhlas Akun Instagramnya Diblokir?

Sembari tersenyum, Ustaz Somad memberikan penjelasan soal pemblokiran akun Instagram.

Ustaz Abdul Somad
Foto:
Ustadz Abdul Somad menyampaikan tausiyahnya saat Kuliah Dhuha di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Ahad (4/2).

Terpisah, Pakar media sosial Hariqo Wibawa Satria menyampaikan, ada beberapa kemungkinan jika sebuah akun tidak lagi bisa diakses. Pertama karena diblokir oleh pihak Instagram sendiri atau dilaporkan oleh banyak akun diplatform terkait.

Hariqo mengatakan Instagram memiliki kebijakan penggunaan yang dijelaskan sebelum seseorang membuat akun. Seperti tidak mengunggah konten-konten yang melanggar norma, kekerasan, pornografi, hak cipta, ujaran kebencian, pertentangan hingga plagiarisme.

Jika melanggar, Instagram berhak menghapus konten. "Tapi, akun Ustaz Abdul Somad ini kan akun ulama yang isinya baik-baik dan positif, jadi kemungkinan di-suspend karena dua hal," kata dia

Pertama, akun dilaporkan oleh orang lain. Kedua, akun dilaporkan oleh pemilik akun sendiri. Kemungkinan kedua, tampak tidak mungkin karena UAS mengakui akun tersebut miliknya sendiri, bukan orang yang mengaku dirinya.

Anggota Komisi I DPR Hanafi Rais meminta klarifikasi langsung ke Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara terkait diblokirnya akun Instagram milik Ustaz Somad. Hanafi meminta Menkominfo untuk bisa mengusahakan membuka akun Instagram Ustaz Abdul Somad setelah diblokir.

"Sudah saya minta ke Menkominfo klarifikasi. Kalau bisa mengupayakan untuk dibuka kembali," kata Hanafi kepada Republika.co.id, usai hadiri acara setahun milad Bang Japar, Ahad (25/2).

photo
Postingan Ustaz Felix Siauw di akun Instagramnya yang mengabarkan akun resmi Instragram Ustaz Abdul Somad tidak bisa diakses.

Hanafi mengatakan, sesaat setelah mengetahui akun Ustaz Abdul Somad diblokir, ia kemudian berkomunikasi dengan Menkominfo. Meminta penjelasan bagaimana pihak Instagram bisa melakukan pemblokiran sepihak tanpa ada alasan.

"Kita minta penjelasan langsung ke Menkominfo kok bisa Instagram memblokir. Apa alasannya," ujarnya.

Seharusnya, menurut Hanafi, pihak Instagram memberi alasan jelas kenapa menutup akun ustaz Abdul Somad tersebut. Padahal, akun Instagram Ustaz Abdul Somad tersebut bukan digunakan untuk hal negatif, selain dakwah Islam.

Karena itu, Hanafi berharap, pihak Instagram membuka akun Ustaz Abdul Somad. Dan Menkominfo bisa memberi klarifikasi apa alasan Instagram menututp akun Ustaz Abdul Somad secara sepihak, walaupun kini akun tersebut kabarnya sudah dibuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement