Ahad 25 Feb 2018 15:48 WIB

Kalah 'Duel' Lawan Susi, Sandi Bakal Bersihkan 12 Danau

12 Danau yang akan dibersihkan berada di wilayah Jakarta Utara.

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berusaha mengambil bendera pada garis finish saat berlomba adu cepat dengan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno dalam festival Danau Sunter, Jakarta, Ahad (25/2).
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berusaha mengambil bendera pada garis finish saat berlomba adu cepat dengan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno dalam festival Danau Sunter, Jakarta, Ahad (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjanjikan akan membersihkan 12 danau di Jakarta Utara (Jakut) usai 'kalah' dalam acara Festival Danau Sunter. Pembersihan danau-danau itu akan dilakukan oleh Pemkot Jakarta Utara.

"Di Jakut ada 12 danau yang nantinya bakal dibersihkan oleh pemkot. Kita juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras pemkot (Jakut) membersihkan Danau Sunter ini," kata Sandi di Danau Sunter, Ahad (25/2).

Dalam duel renang di Danau Sunter, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menang telak atas Sandi. Dengan menggunakan paddling, Susi sampai di garis akhir lebih cepat sekitar lima menit dari Sandi. Sandi berenang tidak menggunakan alat apapun.

Sandi mengucapkan terima kasihnya kepada wali kota Jakarta Utara atas upayanya membersihkan Danau Sunter. Ia mengatakan, kualitas air di Danau Sunter bahkan lebih bagus daripada Laguna di Puket, Thailand.

"Saya pernah renang di Puket, di Laguna. Warnanya kurang lebih sama hijau. Tapi kualitas airnya di sini lebih bagus," kata Sandi.

Menteri Susi mengatakan, kementerian yang dipimpinnya siap membantu menyediakan bibit ikan lele dan nila untuk dipancing warga. Dia berharap warga bisa memancing secara gratis di danau ini dan hanya membayar ikan hasil pancingannya.

"Mancingnya bukan mancing bayar, tapi beli ikannya begitu dapet ditimbang ikannya, misalnya harganya lebih murah seribu perak," ujar dia. Susi bahkan menyatakan siap menyumbang angsa untuk mempercantik danau.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan danau. Sebab, menurutnya, menjaga kebersihan danau jauh lebih sulit daripada membersihkan danaunya.

Ia berharap agar kegiatan serupa Festival Danau Sunter bisa diadakan secara rutin. Ke depan, Anies memberi saran, agar lombanya dibuat lebih kreatif dengan menghadirkan camat hingga lurah sebagai peserta. "Kemudian, gubernur yang menjadi promotor sekaligus juri," katanya.

Selain itu, Anies memastikan, Pemprov DKI sudah memiliki program untuk membersihkan danau di Jakarta dan siap untuk dijalankan. "Membersihkan semua danau di Jakarta memang sudah menjadi program Pemprov DKI," ujar dia.

Dalam ajang Festival Danau Sunter, Sandi dan Susi sama-sama memberikan konsekuensi kekalahan. Sandi harus membersihkan seluruh danau di Jakarta apabila ia kalah. Sementara, Susi harus mengajak Sandiaga berwisata ke Wakatobi apabila ia kalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement