Selasa 20 Feb 2018 12:24 WIB

Jadi Dubes RI di Norwegia, Todung Janji Tingkatkan HAM

Hubungan Indonesia selama ini dengan Norwegia sangat konstruktif.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Todung Mulya Lubis
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Todung Mulya Lubis

REPUBLIKA.CO.ID, Jadi Dubes RI di Norwegia, Todung Janji Tingkatkan HAM

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Todung Mulya Lubis sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Norwegia sekaligus merangkap Islandia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/2) pagi ini. Usai pelantikan, Todung menyampaikan Norwegia merupakan negara yang sangat aktif dan dinamis di bidang Hak Asasi Manusia, Lingkungan Hidup, dan juga energi.

"Hubungan Indonesia selama ini dengan Norwegia sangat konstruktif tapi banyak sekali kebijakan-kebijakan yang mesti dilakukanu ntuk membawa investasi dari Norwegia ke Indonesia," ujarTodung di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Kerja sama antarakedua negara pun terjalin di berbagai bidang, khususnya hubungan kebudayaan danjuga pendidikan. Lebih lanjut, penunjukan dirinya sebagai Dubes RI di Norwegia pun diharapkan dapat meningkatkan kesepemahaman kedua negara terkait HAM. Sebab, kata dia, di Indonesia sendiri memiliki kompleksitas masalah HAM.

"Saya memang cukup lama bekerja dalam bidang HAM selama ini, oleh Presiden sebagai sosok yang tepat untuk bisa mewakili negara ini dalam aksi meningkatkan HAM di Indonesia dan memberikan pengertian kepada negara-negara barat bahwa kompleksitas masalah HAMdi Indonesia itu begitu luar biasa dan tidak semudah yang dibayangkan," jelasnya.

Ia yakin, kehadirannya di Norwegia dan Islandia nanti dapat meningkatkan hubungan duanegara dengan memanfaatkan jaringan yang dimilikinya. Rencananya, Todung akan memulai tugasnya ke Norwegia pada pertengahan Maret nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement