Jumat 16 Feb 2018 17:21 WIB

Istri: Polisi Larang Keluarga Melihat Seluruh Tubuh Jefri

Terduga teroris Jefri tewas mendadak, polisi sebut penyebabnya sakit jantung.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah
Densus 88
Foto:
Warga melihat rumah yang digrebek Densus 88 di Dusun Rejosari Desa Benculuk, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (13/2).

Namun, seingat Ardilla, suaminya tak pernah mengdap ataupun mengeluhkan macam-macam penyakit. Bahkan, kata dia, Jefri sudah tidak merokok semenjak beberapa tahun lalu.

Tidak Boleh Melihat Seluruh Tubuh

Di hari Jumat (9/2) itu, bersama ayahnya, Ardilla diizinkan menengok jenazah Jefri. Namun, tidak semua anggota keluarganya diperbolehkan melihat jenazah Jefri. "Saya diperlihatkan, waktu itu yang boleh melihat cuma saya dan bapak saya doang. Ibu dan adik saya tidak diizinkan. Katanya yang bisa melihat hanya dua orang," tutur Ardilla.

Dari pihak suami, menurut dia, adik dan Ayah Jefri juga diperbolehkan melihat jenazah Jefri. Itu pun, kata Ardilla hanya wajah Jefri saja yang boleh dilihat saat di RS Polri. Saat itu, menurut Ardilla, dalam keadaan sedih mertuanya merasa cukup melihat wajahnya saja. Ardilla pun saat itu masih tak kuasa melihat jenazah suaminya di RS Polri. "Saya masih dalam keadaan berduka dan belum bisa berpikir jernih. Saya sangat shock dan kaget waktu itu," kata Ardilla.

Di hari yang sama juga, Jumat sore menuju malam, polisi langsung memboyong jenazah Jefri beserta keluarganya ke kampung halamannya di Lampung. Sabtu (10/2) pagi, rombongan sudah tiba di Lampung untuk dimakamkan di Kapuran, Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Namun, betapa terkejutnya Ardilla saat keluarga di Lampung ingin memeriksa seluruh tubuh Jefri, hal tersebut justru dilarang oleh pihak kepolisian. Pelarangan itu terjadi tepat sebelum Jefri dikuburkan. "Setelah dibawa ke Lampung, pihak keluarga ingin membuka kafannya tapi sama pihak kepolisian dilarang," tutur Ardilla.

 

"Padahal ibu saya sudah sampai nangis-nangis untuk melihat, tapi tidak boleh sama mereka," katanya menambahkan.

Ia tidak ingat bagaimana ucapan kepolisian. Namun, pada intinya kepolisian tidak memperbolehkan keluarga untuk melihat seluruh bagian tubuh jenazah. Bahkan, menurut Ardilla, yang memandikan jenazah bukan dari pihak keluarga. "Sampai sini itu suami saya sudah dibungkus dengan kain kafan (dari RS Polri), udah dibungkus rapi," ujar Ardilla.

Usai disholatkan, Sabtu itu juga, sebelum Dzuhur, Jefri langsung dikuburkan. Hal ini menurut Ardilla terasa begitu cepat. Hari itu pula dia bersama rombongan kepolisian langsung bertolak pulang ke Indramayu dengan dikawal sejumlah mobil polisi. "Enam mobil pribadi kalau nggak salah, ada satu bis," kata dia.

Sempat Curiga

Saat dijemput oleh kepolisian, Ardilla mengaku tidak ditanyai soal dugaan keterlibatan suaminya dalam jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah. Ia hanya ditanya soal riwayat penyakit Jefri. Saat Republika.co.id bertanya soal masa lalu Jefri, Ardilla pun mengaku tidak tahu banyak.

Ia hanya mengaku bertemu dengan Jefri pada 2016 dan menikah pada tahun itu. Keduanya hidup di Indramayu, di rumah orang tua Ardilla. Sebelum Jefri 'hilang' pun menurut Ardilla tidak ada tanda-tanda tertentu. Namun, sempat ada kecurigaan Ardilla saat petugas RT mendatangi keluarganya beberapa hari sebelum Jefri ditangkap untuk meminta KTP Jefri.

Menurut Ardilla, permintaan ini lantaran data Jefri belum dimiliki pihak RT. "Tetapi disitu saya curiga, karena suami saya doang yang dimintai KTP," kata Ardilla.

 

Hal tersebut hanya saja berupa kecurigaan sesaat, sebelum akhirnya pada Rabu (7/2), Jefri hilang ditangkap Densus. Setelah penguburan Jefri, menurut Ardilla, kepolisian bahkan masih kerap mendatanginya. Hingga, Jumat (16/2) siang, bahkan Ardilla mengaku masih ada pihak kepolisian mendatanginya. Kepolisian meminta Ardilla agar mengikhlaskan kepergian suaminya.

Namun Ardilla mengaku belum puas dan tidak percaya begitu saja dengan keterangan polisi. "Mereka bilang sudah takdir, begitu. Tapi saya bilang belum ini, belum tenang saya. Menurut saya ini masih menjadi misteri karena saya tidak tahu penyebab sebenarnya," kata Ardilla.

Menurut dia, ada seorang polisi yang menjanjikan akan memberikan santunan pada anak Ardilla yang masih berumur 10 bulan. Bahkan bersumber dari kantung pribadi polisi tersebut. Sayangnya, Ardilla tidak ingat siapa anggota kepolisian tersebut. "Tapi hati saya tidak sreg menerima itu," kata Ardila.  "Saya masih tidak ridha," kata dia lagi.

Polri menyatakan tewasnya terduga teororis Indramayu, Muhammad Jefri sesaat sesudah penangkapan pada Rabu (7/2) lalu adalah karena serangan Jantung. Dokter Rumah Sakit Polri Kramat Jati, dr Arif Wahyono yang melakukan autopsi pun menyatakan demikian.

"Yang saya dapatkan, saya mendapat surat permintaan dari pihak penyidik untuk melakukan pemeriksaan dalam dan organ luar. Jenazah kami periksa tidak ada luka-luka (luar) sama sekali," kata Arif, Kamis (15/2) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement