Ahad 11 Feb 2018 13:35 WIB

TGB: Cintailah Indonesia Sebagai Sebuah Fitrah

Indonesia adalah karunia. Dan cara mencintai karunia adalah dengan menjaganya

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Gubernur NTB, TGB Muhammad Zainul Majdi mengisi kajian shubuh di Masjid Al Falah, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (11/2).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Gubernur NTB, TGB Muhammad Zainul Majdi mengisi kajian shubuh di Masjid Al Falah, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (11/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Muhammad Zainul Majdi mengajak umat Islam senantiasa menumbuhkan semangat cinta terhadap bangsa Indonesia dengan sepenuh hati. Sebab, kata TGB, selain sebagai rumah besar bagi anak bangsa, mencintai Indonesia juga merupakan fitrah seorang manusia.

"Mencintai negara atau Hubbul Wathan merupakan bagian dari ajaran Islam. Negara Indonesia ini adalah karunia dari Allah dan cara mencintai karunia Allah adalah dengan menjaganya," ujar TGB saat memberikan tausiyah usai shalat subuh berjamaah di Masjid Al-Falah, Surabaya, Ahad (11/2).

Di hadapan ribuan jamaah, TGB menjelaskan cara mencintai Indonesia. Pertama, dengan menjaga komitmen. TGB menyampaikan, Indonesia adalah sebuah kesepakatan para pendiri bangsa, para ulama, para pahlawan. Maka wajib bagi seluruh umat Islam untuk menguatkan komitmen menjaganya kesepakatan itu.

TGB menegaskan bahwa mencintai Indonesia tidak cukup dengan mengatakan "Kita Indonesia", namun masih melakukan hal yang merugikan. TGB mencontohkan, perjuangan melawan penjajah di Surabaya merupakan perjuangan besar yang tidak pernah lepas dari pekikan "Allahu Akbar".

"Ini merupakan bentuk cinta tanah air. Cinta tanah air menjadi penyebab kita ikut berperang membelanya. Kita mencintai Indonesia tidak hanya dengan harta kekayaan atau materi namun mencintai Indonesia bisa dilakukan bahkan dengan nyawa sekalipun," lanjut TGB.

Cara kedua untuk mencintai Indonesia, lanjut TGB, dengan senantiasa menginisiasi dan melaksanakan kebaikan. Mentradisikan kebaikan walaupun di tengah berbagai macam tantangan, hambatan bahkan kemaksiatan, adalah sebuah gerakan yang menambah semangat mencintai Indonesia.

"Dengan senantiasa menjaga diri kita dengan selalu melakukan kebaikan, maka Allah akan senantiasa menjauhkan keburukan dari diri kita. Seperti Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang selalu dijaga oleh Allah dari keburukan karena kebaikan dan kesholehannya," kata TGB menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement