Jumat 09 Feb 2018 16:48 WIB

Demiz dan Emil Bersaing di Survei, Keduanya Yakin Menang

Deddy Mizwar dan Emil selalu bersaing dalam berbagai survei.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andri Saubani
Dua Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar
Foto: Republika/Mardiah
Dua Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Deddy Mizwar bersaing ketat dengan Ridwan Kamil (Emil) dalam berbagai survei Pilgub Jabar 2018. Sejumlah hasil survei menempatkan keduanya di urutan teratas meninggalkan bakal calon gubernur lain.

Terbaru, survei yang dilakukan Indonesia Strategic Institute (Instrat) menyebut pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi merupakan pasangan yang paling populer di kalangan masyarakat dalam Pilgub Jabar. Namun, jika dilihat dari elektabilitas, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum lebih unggul.

Popularitas pasangan berjuluk 2DM itu mencapai 90,4 persen. Sedangkan calon kuat yang lain, yakni Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menguntit di belakang dengan angka 84,7 persen.

Persentase elektabilitas Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum mencapai 25,6 persen mengungguli Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang memperoleh 24,1 persen. Menanggapi hal itu, Demiz yakin, ia akan memenangkan Pilgub Jabar.

Ia beralasan, persentase itu didapatkan meski dirinya belum bergerak untuk sosialisasi kepada masyarakat sebagai bakal calon gubernur Jabar. "Insya Allah menang. Saya belum kerja apa-apa. Gambar saya nggak ada, poster nggak ada. Selama ini belum sosialisasi. Saya selama ini bekerja wakil gubernur," ujar Demiz saat dihubungi, Jumat (9/2).

Demiz mengatakan, persentase perolehan suara akan melonjak jika partai dan dirinya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. "Haqul yakin menang kalau kayak begini. Belum kerja apa-apa hasilnya bagus," katanya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil usai konsolidasi dengan ribuan relawan di Sabuga, Kota Bandung menyebut sudah klop dan kompak untuk meraih suara di Jabar. "Hasil survei bagus, tapi kami tidak mau takabur. Kami akan terus bekerja keras," katanya.

Seluruh kader dan simpatisan pun sudah mempunyai visi yang sama dalam menyosialisasikan dirinya dan Uu Ruzhanul Ulum kepada masyarakat. Ridwan Kamil pun mengaku akan berkonsentrasi pada daerah yang suaranya masih kurang. Sedangkan daerah yang menjadi lumbung suara akan terus dijaga.

"Saya akan fokus di Pantura, Pak Uu di Priangan timur," kata pria yang akrab disapa Emil itu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement