Kamis 08 Feb 2018 18:56 WIB

Gempa Tektonik Guncang Aceh

Gempa tektonik ini berkekuatan M=5,1.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nidia Zuraya
Peta Aceh
Peta Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Kamis (8/2) sore pukul 16.52.47 WIB, wilayah Kabupaten Pidie, Aceh Barat, dan Calang diguncang gempabumi tektonik. Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi atas hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi berkekuatan M=5,1 terjadi dengan koordinat episenter pada 4,66 LU dan 96,21 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km arah tenggara Kabupaten Pidie pada kedalaman 10 km.

"Dampak gempabumi yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan wilayah yang berpotensi terjadi guncangan antara lain di Kabupaten Pidie, Aceh Barat, dan Calang pada skala intensitas II skala intensitas gempabumi (SIG-BMKG) (III modify mercalli intensity (MMI))," ujar Riyadi melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (8/2).

Berdasarkan informasi dari masyarakat gempa tersebut dirasakan di Aceh Besar pada skala II SIG-BMKG (III-IV MMI), Banda Aceh dan Aceh Jaya pada skala II SIG-BMKG (III MMI). Gempabumi yang terjadi di Kabupaten Pidie tersebut, jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen Aceh dengan mekanisme sesar mendatar (strike-slip fault).

"Hingga pukul 17.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Untuk itu, kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Pidie diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement