Selasa 06 Feb 2018 10:07 WIB

Hampir 2.000 Warga Tebet Korban Banjir Mengungsi

Korban terdampak banjir berasal dari dua kelurahan di kecamatan Tebet.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nur Aini
 Warga menggunakan ban karet mencoba melintasi banjir luapan air sungai Ciliwung di Jalan H Bawah, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).   (Republika/Prayogi)
Warga menggunakan ban karet mencoba melintasi banjir luapan air sungai Ciliwung di Jalan H Bawah, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (22/1). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga di dua kelurahan di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, masih terdampak banjir. Dua kelurahan itu adalah Kelurahan Kebon Baru dan Kelurahan Manggarai.

Sebanyak empat RW di Kelurahan Kebon Baru masih terdampak banjir, dengan total 513 kepala keluarga (KK). Sementara, tiga RW di Kelurahan Manggarai terdampak banjir, dengan total 1.398 kepala keluarga (KK). Sehingga, seluruhnya ada 1.911 KK yang berada di posko-posko pengungsian banjir.

"Di Kebon Baru (banjir) masih sebadan orang dewasa. Di Manggarai selain rendam rumah, air sempat genangi jalan, tapi sudah surut," ujar Kapolsek Tebet Kompol Maulana saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (6/2).

photo
Air menggenangi ruas Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Senin (5/2) malam. Tingginya intensitas air hujan menyebabkan beberapa wilayah di Jakarta banjir. Senin (5/2) malam air mulai menggenagi jalanan di Jatinegara Barat.

Warga di Kelurahan Kebon Baru mengungsi di penampungan TK Ris Jalan J RT 02/10. Sebagian dari mereka juga mengungsi ke rumah tetangga yang tidak terdampak banjir. Ada pula warga yang masih bertahan di lantai dua rumah.

Kepolisian bersama dengan anggota Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, melakukan evakuasi pada warga yang mau mengungsi. Proses evakuasi sudah dilakukan sejak semalam hingga Selasa pagi ini.

Posko kesehatan di wilayah itu terletak di rumah Ketua RT 05/10, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Sementara dapur umumnya, bersebelahan dengan lokasi penampungan sementara TK Ris.

Kemudian untuk luapan air yang menggenangi Jalan Abdul Syafei, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, sudah mulai surut sejak pukul 08.00 WIB. Namun, banjir tetap masih merendam tiga RW di kelurahan tersebut. "Pengungsi ditampung di Mushola Al Munzir dan ada buat tenda di trotoar sepanjang Jalan Manggarai Utara II RT 03/04, serta di Mes PT KAI (Persero)," ujar Maulana.

Selain tempat mengungsi, dapur umum untuk warga dibangun di Jalan Manggarai Utara VIIRT 01/04 dan di depan SDN 01 Cibono, Jalan Manggarai Utara I RT 01/01.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement