Ahad 04 Feb 2018 16:46 WIB

RS Sardjito Berencana Dirikan Poli Khusus Pemeriksaan Kanker

GCO ini lebih bersifat untuk pencegahan agar jangan sampai terkena kanker.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Fernan Rahadi
Sardjito Fun Run  5 K 2018  dalam rangka HUT ke 36 RSUP Dr Sardjito dan Hari Kanker Sedunia  di Halaman RSUP Dr Sardjito Ahad (4/2).
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Sardjito Fun Run 5 K 2018 dalam rangka HUT ke 36 RSUP Dr Sardjito dan Hari Kanker Sedunia di Halaman RSUP Dr Sardjito Ahad (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kasus kanker (onkologi) di RSUP Dr Sardjito cukup tinggi. Bahkan akhir-akhir ini kunjungan pasien kanker di rawat jalan menduduki peringkat teratas diantara penyakit tidak menular.

Karena itu Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Darwito mempunyai gagasan untuk mendirikan poli khusus untuk pemeriksaan umum (general check up) untuk skrining penyakit kanker.

"Sekarang sedang dalam penggodokan dan penghitungan GCO (General Checkup Oncology-Red)  ini nantinya seperti apa. Karena kalau untuk pemeriksaan pasien yang sehat tidak di-cover oleh BPJS," kata Darwito pada Republika di sela-sela acara Sardjito Fun Run 5 K 2018 di halaman Gedung Rawat Jalan RSUP Dr Sardjito, Ahad (4/2).

Jadi. katanya menambahkan, GCO ini lebih bersifat untuk pencegahan agar jangan sampai terkena kanker. "Dan, kalau ternyata ditemukan ada kanker sudah diketahui sejak dini," tuturnya.

Secara terpisah Wakil Ketua I Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang DIY Sunarsih Sutaryo menyambut baik terkait rencana RSUP Dr Sardjito untuk membuat poli khusus untuk mendeteksi kemungkinan adanya kanker pada pasien yang sehat. Monggo (silakan-Red). Idenya bagus sekali tetapi pasien harus membayar, sehingga biayanya mandiri. Kecuali kalau ada sponsornya,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement