Jumat 02 Feb 2018 14:11 WIB

Dari Youtube, Pelajar Cirebon Penasaran Sosok TGB

Meski postur tubuhnya kecil, Gunawan tak patah semangat untuk terus mendekati TGB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) tiba di Stasiun Cirebon, Jawa Barat pada Jumat (2/2). TGB berada di Cirebon selama dua hari untuk silaturahmi dan memberikan tausiyah di Masjid Raya At Taqwa dan sejumlah ponpes di Cirebon.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) tiba di Stasiun Cirebon, Jawa Barat pada Jumat (2/2). TGB berada di Cirebon selama dua hari untuk silaturahmi dan memberikan tausiyah di Masjid Raya At Taqwa dan sejumlah ponpes di Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kunjungan silaturahmi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mendapat sambutan hangat dari warga Cirebon, Jawa Barat (Jabar). Di Masjid Raya At Taqwa, lokasi pertama yang didatangi TGB, warga menunggu dengan antusias dan berharap bisa bersalaman dan berfoto bersama TGB.

Dari sekian banyak warga yang berebut bersalaman, terdapat seorang pelajar. Ia sengaja datang ke Masjid Raya At Taqwa untuk bertemu TGB.

Gunawan namanya. Pelajar SMP Budaya, Cirebon itu mengaku penasaran dengan sosok gubenur dua periode di NTB tersebut. Gunawan dengan semangat 'bersaing' dengan warga lain yang juga ingin bersalaman dengan TGB. Meski postur tubuhnya kecil, Gunawan tak patah semangat untuk terus mendekati TGB.

"Penasaran saja sama Gubernur NTB, TGB itu. Selama ini sering melihat di Youtube," ujar Gunawan kepada Republika.co.id di Masjid Raya At Taqwa, Cirebon, Jumat (2/2).

Bagi pelajar berusia 14 tahun itu, TGB merupakan sosok yang unik dalam skala kepala daerah. Lantaran kerap berceramah.

"Iya unik, di Youtube saya lihat Gubernur NTB itu ceramah-ceramah dan dipuji-puji Presiden Jokowi juga," lanjut Gunawan.

Mulai kedatangan hingga selesai shalat Jumat, Gunawan terus mengikuti TGB hingga akhirnya bisa berfoto bersama.

TGB sendiri akan berada selama dua hari di Cirebon pada Jumat (2/2) dan Sabtu (3/2). Seluruh area Masjid Raya At Taqwa penuh dengan jamaah saat ibadah shalat Jumat, di mana TGB menjadi khatibnya. Usai menunaikan ibadah shalat Jumat, ribuan jamaah kembali berebut untuk bisa bersalaman dan berfoto dengan TGB.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB Irnadi mengatakan, kunjungan TGB ke Cirebon selama dua hari ini dalam rangka menjalin silaturahmi dengan para tokoh dan pimpinan pondok pesantren yang ada di Cirebon.

"Yah ini untuk menjalin silaturahmi dan juga memenuhi undangan," ujar Irnadi.

Dari Masjid At Taqwa, TGB akan menuju IAIN Syekh Nurjati Cirebon sekitar pukul 14.00 Wita dan menjadi pembicara dengan tema "Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme dalam Studi Keislaman".

Setelah dari IAIN Cirebon, TGB melanjutkan perjalanan dengan silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet pada sekitar pukul 16.00 Wita, lalu ke Ponpes Kempek pada sekitar pukul 17.00 Wita.

"Dan agenda silaturahmi terakhir beliau pas hari ini ke Ponpes Bina Insan pada sekitar pukul 19.00 Wib. Rencananya beliau akan memberikan tausiyah di sana," lanjut Irnadi.

Irnadi melanjutkan, untuk Sabtu (3/2), TGB akan menyambangi Andalus City untuk shalat shubuh berjamaah, dilanjutkan membuka Kids English Competition di Cirebon Islamic School (CISS) pada pukul 08.00 Wita.

TGB akan mengakhir kunjungannya di Cirebon dengan ziarah ke Makan Sunan Gunung Jati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement