Kamis 01 Feb 2018 13:24 WIB

TGB: Bisa Shalat Sunah Gerhana Ciri Orang Beruntung

Peristiwa gerhana bulan total merupakan fenomena langka dan istimewa.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Gita Amanda
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Muhammad Zainul Majdi.
Foto: dok. Humas Pemprov NTB
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Muhammad Zainul Majdi.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Muhammad Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin bersama bersama ribuan masyarakat NTB menggelar shalat sunnah khusuf atau shalat sunah gerhana di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center NTB, Rabu (31/1) malam. TGB mengaku sangat bersyukur dapat melaksanakan shalat sunah khusuf.

Menurut TGB, berkesempatan melaksanakan shalat khusuf qomar atau sholat gerhana bulan merupakan ciri orang yang beruntung. Sebab, peristiwa gerhana bulan total merupakan fenomena alam langka dan sangat istimewa.

"Peristiwa gerhana bulan total ini pernah terjadi 152 tahun yang lalu, bahkan mungkin para pendahulu kita tidak pernah menemukan peristiwa yang luar biasa ini," ujar TGB.

photo
Masyarakat NTB menggelar shalat gerhana.

Di hadapan puluhan ribu jamaah, TGB mengatakan, fenomena gerhana bulan atau matahari merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Oleh karena itu, TGB mengajak masyarakat muslim di NTB untuk memperbanyak beristighfar, memohon ampunan kepada Allah SWT. Selain itu, umat muslim juga dituntut memperbanyak takbir dengan mengagungkan Allah SWT agar terhindar dari sifat takabur.

"Kita sambut fenomena langka ini dengan banyak istighfar, takbir, shalat sunah dan ibadah sosial dengan bersedekah," kata TGB.

TGB mengimbau generasi muda Islam tidak hanya mempelajari ilmu agama. Namun juga mempelajari ilmu-ilmu lain seperti astronomi, agar mampu menggali dan mengetahui kejadian fenomena-fenomena alam seperti saat ini. TGB juga mengajak masyakat NTB senantiasa mendoakan kebaikan bangsa dan negara Indonesia, khususnya NTB agar dijauhkan dari segala musibah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement