Jumat 19 Jan 2018 18:11 WIB

Dokter Anak RSUD Agats Ajarkan Orang Tua Buat Susu

Banyak orang tua di Asmat tak paham membuat susu

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Vaksin Campak (ilustrasi)
Foto: topnews.in
Vaksin Campak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim kesehatan di Kabupaten Asmat, Papua ajarkan orang tua cara membuat susu. Dokter spesilis anak di RSUD Agats, Kabupaten Asmat, Papua Dimas Dwi Saputro mengatakan banyak orang tua yang tidak paham caranya.

"Edukasi dan memberi contoh membuat susu, karena banyak orang tua yang tidak paham membuat susu," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat (19/1).

Ia beranggapan tak adanya konsumsi susu berpengaruh pada asupan nutrisi yang tidak sesuai dengan kebutuhan anak. Dimas bersama tim kesehatan juga berkomitmen mengedukasi hal-hal dasar yang menjadi pencegah timbulnya penyakit seperti, yakni perilaku hidup bersih sehat, cuci tangan dengan baik dan benar, etika batuk di tempat umum agar tidak menjadi sumber penularan penyakit.

Dimas memastikan tim kesehatan melakukan pemberian makan tepat jadwal kepada pasien, tepat jumlah, dan tepat kebutuhan. Berdasarkan hasil visitasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada pasien rumah sakit, ternyata tak hanya penderita campak dan gizi buruk, ada pasien yang terkena penyakit malaria, diare akut, pneumonia, dan anemia berat.

Dimas berharap edukasi pada para orang tua dapat meningkatkan pemahaman soal pentingnya asupan gizi anak dan menjaga kesehatan keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement