Ahad 31 Dec 2017 21:45 WIB

DKI Kerahkan 30 Mobil Penyapu Jalan di Malam Tahun Baru

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Agung Sasongko
 Pekerja melintasi panggung yang didirikan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/12).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja melintasi panggung yang didirikan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengerahkan mobil penyapu jalan atau road sweeper pada perayaan malam tahun baru 2018.

"Selain mengerahkan ribuan Pasukan Orange para petugas kebersihan, kami juga akan mengerahkan mobil-mobil penyapu jalan. Ada 30 unit yang akan kami kerahkan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, Ahad (31/12).

 

Menurut Adji, mobil-mobil penyapu jalan tersebut akan untuk membersihkan seluruh sampah yang ada selama malam perayaan pergantian tahun di sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian warga.

 

"Pembersihan sampah dengan menggunakan mobil-mobil penyapu jalan itu rencananya akan kami mulai pada pukul 02.00 dini hari sejak massa mulai mencair. Kami targetkan pada pukul 06.00 pagi, tanggal 1 Januari 2018, semua sampah sudah diangkut dan Jakarta kembali bersih," ujar dia.

 

Meski hanya memiliki kecepatan maksimum 42 kilometer per jam, mobil penyapu ini memiliki daya tampung sampah dengan kapasitas 6,2 meter kubik.

 

Mobil ini mampu membersihkan area seluas 105.000 meter persegi hanya dalam satu jam. Sikat depan dari kendaraan ini juga memiliki kemampuan manuver 180 derajat. Sehingga dapat menyapu area yang sempit seperti halnya selokan.

 

Adji menambahkan, road sweeper merupakan kendaraan pembersih yang fungsinya setara tenaga penyapu manual sebanyak 60 orang penyapu jalan.

 

"Dengan teknologi generasi terakhir, yang tidak hanya mesin penyapu jalan biasa, namun kombinasi antara mechanical sweeper dan vacum sweeper. Sehingga paku-paku di jalan pun dapat tersapu," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement