Rabu 27 Dec 2017 22:28 WIB

Dua Polisi Ini Bantu Tuna Wisma Melahirkan di Pinggir Jalan

Rep: Issha Harruma/ Red: Agus Yulianto
Ibu yang baru saja melahirkan (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Ibu yang baru saja melahirkan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Aksi tanggap dua personel Bhabinkamtibmas Polsek Medan Baru, Medan, ini berhasil menarik simpati warga. Keduanya ikut membantu proses persalinan seorang tuna wisma, Rabu (27/12) subuh.

Persalinan tak terduga itu terjadi di depan hotel Merlin, Jl Gatot Subroto, sekitar pukul 04.30 WIB. Saat itu, Aiptu Juani dan Bripka Irwan Silitonga yang sedang piket melakukan patroli dan melintas di lokasi.

"Di depan hotel Merlin, keduanya melihat ada kerumunan orang. Mereka lalu turun melihat ada seorang ibu yang kesakitan seperti mau melahirkan," kata Kapolsek Medan Baru, Kompol Victor Ziliwu, Rabu (27/12).

Kedua personel Bhabinkamtibmas itu pun bersama beberapa warga membantu persalinan perempuan tersebut. Setelah melalui proses yang cukup lama, perempuan yang diduga tidak memiliki tempat tinggal itu akhirnya berhasil melahirkan anaknya. "Syukurlah, proses persalinan itu berjalan normal. Anaknya laki-laki," ujar Victor.

Selanjutnya, petugas pun memanggil bidan untuk memotong tali pusat serta membersihkan bayi dan sang ibu. Saat ini, Victor menyebut, ibu dan bayinya dalam keadaan sehat. "Piket Binmas telah berkoordinasi dengan pihak puskesmas dan kelurahan, keduanya akan diserahkan ke Dinas Sosial," kata Victor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement