Senin 25 Dec 2017 12:04 WIB

Jalanan Jakarta tak Seperti Biasa di Libur Akhir Tahun Ini

Red: Nur Aini
  Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan MH Thamrin, Jakarta, Ahad (25/6).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan MH Thamrin, Jakarta, Ahad (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah ruas jalan utama di Jakarta masih relatif sepi dilalui oleh kendaraan pada libur Natal 2017, Senin pagi (25/12).

Berdasarkan pantauanpada pukul 10.00 WIB, mulai dari Jalan MT Haryono hingga Jalan Gatot Subroto yang biasanya pada hari biasa dipadati oleh kendaraan, relatif lengang. Begitu pula Jalan Jenderal Sudirman hingga jalan MH Thamrin, arus lalu lintas relatif lancar karena tidak banyak kendaraan yang melintas.

Tidak hanya di jalan protokol, jalan arteri dan tol dalam kota juga relatif lengang sehingga para pengemudi banyak yang mengendarai kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

"Kalau libur begini, jalanan lebih 'bersahabat'. Apalagi jalan MT Haryono dan Gatsu, kalau hari biasa ampun deh," kata seorang karyawan swasta, Wiguna Ayomi yang setiap hari membawa mobil ke kantornya.

Arus lalu lintas menuju pusat perbelanjaan seperti Plaza Semanggi, Ratu Plaza, hingga Plaza Indonesia, dan Grand Indonesia di Kawasan Bundaran HI juga belum tampak ramai. Namun, halte-halte Transjakarta mulai tampak dipadati penumpang yang akan berpergian ke tempat-tempat wisata seperti Ancol dan Kebun Binatang Ragunan.

"Kami sekeluarga mau ke Ragunan, Mas. Mumpung libur," kata Royani (45 tahun) bersama suami dan kedua anaknya di Halte Busway Kampung Melayu.

Berdasarkan informasi dari Pusat Pengelolaan Lalu-lintas (TMC) Polda Metro Jaya di situs mikronya, arus lalu lintas pada Senin pagi memang relatif lancar. Pada pukul 10.53, Tol Dalam Kota Interchange Cawang arah Tol Cikampek dan arah Tol Jagorawi lancar dimana kendaraan melaju rata-rata dengan kecepatan 60-80 kilometer per jam. Sementara itu, untuk lalu lintas di kawasan wisata seperti Ragunan, polisi melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement