Rabu 20 Dec 2017 20:37 WIB

Hujan Cukup Lama, Banjir dan Longsor Terjadi di DIY

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
Update citra radar, prakiraan cuaca dan peringatan dini potensi hujan di Yogyakarta, Rabu (20/12)
Foto: BMKG
Update citra radar, prakiraan cuaca dan peringatan dini potensi hujan di Yogyakarta, Rabu (20/12)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Hujan dengan intensitas sedang dan waktu cukup lama terjadi di sebagian besar daerah DI Yogyakarta. Akibatnya, banjir, longsor dan pohon tumbang terjadi di sejumlah titik.

Pantauan Republika.co.id sepanjang Rabu (20/12), hujan dimulai sekitar 14.30 WIB dan berlangsung sampai 18.00 WIB. Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sejumlah titik banjir, longsor sampai pohon tumbang yang terjadi.

Dari Kabupaten Bantul, banjir tampak di dua titik Kecamatan Piyungan. Salah satu jembatan terputus yang mengakibatkan akses jalan terputus, sehingga masyarakat yang terampak harus mengungsi ke rumah-rumah tetangganya.

Di Kabupaten Sleman, pohon tumbang terjadi di empat titik. Tanah longsor di dua titik dan banjir di empat titik. Akibatnya, akses jalan di Kecamatan Prambanan, Ngemplak, Condongcatur, Minggir dan Berbah terganggu.

Selain itu, sejumlah rumah rusak, jaringan listrik sempat terputus dan ada genangan air yang belum surut di satu kampung. Dari Kabupaten Gunungkidul, terjadi luapan banjir di dua titik Kecamatan Tanjungsari dan Gedangsari.

Sedangkan di Kabupaten Kulonprogo, terjadi tanah longsor di Kecamatan Girimulyo dan Kalibawang yang menimpa tiga titik. Akibatnya, sejumlah rumah rusak, akses jalan putus dan sebagian masyarakat terpaksa mengungsi.

"Petugas, warga dan relawan melakukan evakuasi dan pertolongan, pemblokiran jalan dan penyelamatan kepada para warga terdampak, pemotongan, pemangkasan dan menyingkirkan pohon tumbang," kata Manajer Pusdalops BPBD DIY, Danang Samsurizal, Rabu (20/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement