Sabtu 16 Dec 2017 07:55 WIB

Pagi Ini, Gempa 5,7 SR Kembali Guncang Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nidia Zuraya
Lokasi gempa di Sukabumi (ilustrasi)
Foto: BMKG
Lokasi gempa di Sukabumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Warga Sukabumi kembali dikejutkan kembali dengan guncangan gempa Sabtu (16/12) pagi. Kali ini gempa yang mengguncang mencapai kekuatan 5,7 skala rinchter (SR) yang berpusat di Garut.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut terjadi pada  Sabtu (16/12) pukul 07.22 WIB. Lokasi  gempa berada paa titik koordinat 8.09 LS, 106.76 BT  di 129 kilometer Barat Daya Garut dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa lagi cukup kuat terasa, ujar salah seorang warga Cikole, Kota Sukabumi Kurnia (32 tahun). Getaran gempa Sabtu ini cukuo singkat dibandingkan yang terjadi pada Jumat (15/12) malam.

Namun kata Kurnia, warga tetap panik karena gempa tersebut sudah dua kali terjadi. Sehingga sebagian keluar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan. Namun ketika beberapa lama kemudian tidak terjadi gempa dan warga kembali ke dalam rumah.

Kepala Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain mengatakan, gempa kembali mengejutkan warga Sukabumi pada Sabtu pagi. Ya gempa lagi dan kami pantau dampak di lapangan, terang dia.

Sebelumnya gempa mengguncang pada Jumat (15/12) malam dengan kekuatan 6,9 SR yang berpusat di Tasikmalaya dan dirasakan sebagian warga Jawa Barat termasuk Sukabumi. Belum ada laporan kerusakan baik akibat gempa pada Jumat malam maupun Sabtu pagi di Sukabumi, cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement