Sabtu 16 Dec 2017 00:21 WIB

Gempa Bumi Guncang Wilayah Sukabumi

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa di pantai selatan Jawa Barat.
Foto: BMKG
Gempa di pantai selatan Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (15/12) pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 7,29 LS dan 106,69 BT. "Gempa tepatnya terjadi pada jarak 48 kilometer Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 50 kilometer," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/12).

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, dia menjelaskan, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia, yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan. "Hasil monitoring BMKG, hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu, kepada masyarakat di daerah wilayah Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang," ujar Joko.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement