Rabu 13 Dec 2017 08:29 WIB

Soekarwo Klaim Warga Jatim Komitmen Jaga Iklim Investasi

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Gubernur Jawa Timur Soekarwo
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Gubernur Jawa Timur Soekarwo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo memgklaim, seluruh komponen di Jatim memiliki komitmen bersama yang kuat dalam menjaga iklim investasi agar terus tumbuh.

Caranya, iklim perburuhan harus dijamin tetap demokratis, serta menjaga suasana aman dan nyaman, yang menjadi modal penting guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan investasi.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mencontohkan, di Jatim telah memiliki kesepakatan antara pemerintah dengan buruh jika terjadi demo. Demo yang digelar menurutnya harus berlangsung tertib dan ditemui oleh gubernur maupun forkopimda.

"Sehingga suasana aman dan nyaman di Jatim bisa dirasakan hingga ke tingkat desa," kata Pakde Karwo, Rabu (13/12).

Soekarwo melanjutkan, kondisi itu tercipta berkat terjalinnya hubungan harmonis antara trisula pembangunan desa plus. Yakni antara kepala desa, babinsa, babinkamtibmas, serta ditambah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam memfasilitasi kemudahan berbisnis, lanjut Soekarwo, Pemprov Jatim memberi jaminan kemudahan atau government guarantee kepada para investor. Jaminan tersebut berupa kemudahan perizinan dan layanan informasi kepada investor.

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga memberi jaminan percepatan pengadaan lahan, dan ketersediaan pasokan energi atau listrik. "Jatim memiliki kepastian jaminan penyediaan pasokan energi listrik sebesar 1.800 MW, ini adalah bentuk jaminan yang siap diberikan kepada investor yang masuk," kata Soekarwo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement