Rabu 13 Dec 2017 08:21 WIB

Kementan Minta Distribusi Bahan Pokok Jangan Dimainkan

Rep: Issha Harruma/ Red: Gita Amanda
Sidak bahan pokok makanan.
Foto: Antara.
Sidak bahan pokok makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Stok bahan pokok di Sumatra Utara (Sumut) menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 dalam kategori memadai. Masyarakat diminta tidak khawatir akan ketersediaan bahan pokok, seperti beras, gula dan minyak goreng.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, usai mengecek Gudang Perum Bulog Divre Sumut di Medan, Selasa (12/12). Bersama Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Kasan, keduanya melihat langsung stok beras, gula dan bahan pokok lain di gudang tersebut.

"Kami jamin ketersediaan bahan pokok untuk Sumut aman, distribusi lancar dan harga terkendali," kata Agung, Selasa (12/12).

Agung mengatakan, menjamin stok aman dan distribusi lancar merupakan tugas Kementan bersama Badan Urusan Logistik (Bulog), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan instansi terkait lain. Dia pun berharap para pedagang dan produsen ikut membantu dalam menjamin kelancaran distribusi.

"Pedagang, produsen harus bekerja sama. Distribusi jangan dimain-mainkan, jelas sudah ada sanksinya," ujar dia.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag, Kasan, menyatakan hal senada. Kasan berharap seluruh pihak terkait dapat terus menjalin kerja sama dengan baik sehingga ketersediaan bahan pokok di Sumut aman.

"Pemerintah pusat akan terus berkoordinasi dengan dinas yang membidangi perdagangan di seluruh Indonesia untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok. Kami akan bekerja sama terus. Saya kira cukup aman," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement