Selasa 12 Dec 2017 15:48 WIB

BPBD: Gempa 5,2 SR Sukabumi Dilaporkan Belum Ada Kerusakan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa bumi di Sukabumi
Gempa bumi di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Peristiwa gempa bumi yang berpusat di Sukabumi dilaporkan belum menimbulkan kerusakan. Hal ini didasarkan pantauan yang dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi.

Sebelumnya, guncangan gempa mengejutkan sejumlah warga Kota Sukabumi Selasa (12/12) pagi. Pasalnya, guncangan gempa tersebut berlangsung cukup lama.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan getaran gempa tersebut mempunyai kekuatan 5,2 skala richter (SR). Gempa tersebut tepatnya terjadi sekitar pukul 09.23 WIB. Lokasi gempa berada pada titik koordinat 7.26 LS, 106.99 BT yang berada 37 kilometer tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 113 Kilometer. "Dari laporan sementara belum ada kerusakan," terang Kepala Seksi Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman kepada wartawan Selasa (12/12).

Meskipun demikian dia mengatakan petugas di 47 kecamatan tetap memantau dampak gempa. Menurut Eka, informasi yang diperolehnya, getaran gempa cukup terasa di wilayah Kota Sukabumi. Sementara di Kabupaten Sukabumi dinilai tidak terlalu terasa kuat.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan, hingga kini petugas masih memantau dampak gempa di lapangan. "Hasilnya belum ada laporan kerusakan akibat gempa," imbuh dia.

Menurut Zulkarnain, petugas di lapangan tetap memantau dampak gempa di tujuh kecamatan. Jika ada temuan sambung dia maka akan segera ditangani oleh petugas.

Salah seorang warga Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Kurnia (32 tahun) menerangkan, getaran gempa cukup kuat terasa. Gempa berlangsung cukup lama dan mengagetkan warga yang tengah berada di dalam rumah imbuh dia.

Menurut Kurnia, gempa sempat menyebabkan atap rumah bergoyang karena kuatnya getaran. Namun beruntung gempa tersebut tidak mengakibatkan bangunan rusak. Warga lainnya di Jalan Bhayangkara, Sukabumi Hanif (44) Sukabumi mengatakan guncangan gempa cukup kuat dirasakan warga. "Namun ada sebagian lainnya yang tidak merasakan," cetus dia.

Hanif menuturkan, dari pantauannya tidak ada rumah warga yang mengalami kerusakan. Gempa kata dia hanya menyebabkan sejumlah warga terkejut terutama yang sedang berada di dalam ruangan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement