Selasa 05 Dec 2017 18:31 WIB

Pintu Tol Pasirkoja ke Soreang Belum Bisa Diakses

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Panorama Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) dengan latar Gunung Tangkuban Parahu di Kawasan Bandung Utara (KBU) dari arah pintu Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Panorama Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) dengan latar Gunung Tangkuban Parahu di Kawasan Bandung Utara (KBU) dari arah pintu Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- PT Citra Marga Lintas Jabar (CLMJ) mengungkapkan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) sepenuhnya belum bisa diakses oleh masyarakat umum. Sebab mereka yang hendak masuk melalui pintu tol Pasirkoja masih belum bisa. Saat ini, baru dari pintu tol Soreang saja masyarakat bisa mengakses.

Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar, Bagus Medi Suarso, mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan integrasi pembayaran dengan tiga ruas jalan tol lainnya seperti Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cipali dan Tol Purbaleunyi yang dikelola oleh pihak Jasa Marga.

Ia menuturkan, masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membuka pintu tol Pasirkoja. Sementara itu mereka yang datang dari arah Jakarta dan Cileunyi sudah bisa masuk ke pintu tol Soreang. Sedangkan dari arah Soreang ke Kota Bandung bisa keluar di pintu tol Cileunyi, Kopo, Moch Toha, Cimahi dan Pasteur.

Ia menambahkan, Tol Soroja sudah terkoneksi dengan Purbaleunyi namun belum bisa dari pintu tol Pasirkoja. Selain itu, empat dari lima pintu tol Soroja belum bisa dioperasikan dalam beberapa hari ke depan yaitu pintu tol Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, Margaasih Barat dan Margaasih Timur.

"Penggunaan Tol Soroja melalui pintu tol Soreang belum dikenakan tarif," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Margaasih, Kabupaten Bandung Asep Dzikri berharap dengan adanya Tol Soroja maka bisa mempermudah akses transportasi masyarakat yang beraktivitas di Kabupaten Bandung. Apalagi, katanya lebih dari 70 persen pejabat di Kabupaten Bandung tinggal di Kota Bandung dan Cimahi.

Terkait dengan pintu tol Pasirkoja yang belum bisa digunakan ke Soreang, ia berharap bisa segera diakses agar lebih mudah bagi para pengendara yang hendak ke Pasirkoja Bandung.

Berdasarkan pantauan di lapangan, saat memasuki pintu tol Soreang, pengendara akan disuguhkan pemandangan Kota Bandung dan Gunung Tangkuban Perahu di Utara. Kemudian, juga bisa melihat pemandangan sawah di sisi kiri terdapat Stadion si Jalak Harupat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement