Selasa 05 Dec 2017 12:50 WIB

Curah Hujan Tinggi, PLN Imbau Masyarakat Waspadai Korsleting

Rep: Issha Harruma/ Red: Israr Itah
Sejumlah pekerja memperbaiki instalasi jaringan listrik. (ilustrasi)
Foto: Antara/Anis Efizudin
Sejumlah pekerja memperbaiki instalasi jaringan listrik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT PLN Wilayah Sumatra Utara (Sumut) mengimbau masyarakat untuk rutin memeriksa instalasi listrik di rumah masing-masing. Imbauan tersebut disampaikan menyusul tingginya curah hujan di sebagian besar wilayah Sumut saat ini. 

General Manager PT PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, pemeriksaan ini penting untuk mencegah terjadinya arus hubung pendek (shor circuit) atau korsleting.

"Instalasi rumah ini penting karena jika terjadi kebocoran di rumah itu dapat menjadi penghantar. Bisa mengakibatkan penghuni rumah kesetrum atau terjadi short circuit," kata Feby, Selasa (5/12).

Feby mengatakan, kondisi cuaca beberapa waktu terakhir sangat rentan menyebabkan gangguan listrik. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat dapat terus waspada dan tak segan untuk melapor ke PLN jika terjadi gangguan listrik. Masyarakat yang menemui atau mengetahui adanya gangguan, kata Feby, dapat menghubungi call center PLN di nomor 123.

"Pohon tumbang dan angin dapat menyebabkan gangguan listrik. Jadi untuk musim hujan ini, kami harapkan dan kami imbau kepada masyarakat untuk hati-hati," ujar dia.

Masyarakat pun diimbau untuk langsung melapor ke PLN jika lingkungan tempat tinggalnya terdampak banjir. Sebagaimana diketahui, sejumlah wilayah di Sumut, termasuk Medan, terendam air akibat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir.

"Dengan dilaporkan, aliran listrik di daerah tersebut bisa dipadamkan agar tidak terjadi short circuit," kata Feby."Kami berkomitmen walaupun hujan tengah malam disertai petir, petugas kami akan selalu siap untuk memulihkan gangguan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement