Senin 04 Dec 2017 10:51 WIB

Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah di Kabupaten Bandung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bayu Hermawan
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi)akan menyerahkan 10 ribu sertifikat gratis dalam program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12). Ribuan penerima sertifikat turut hadir dalam acara tersebut berasal dari Kabupaten Bandung.

Berdasarkan pantauan, sejak pukul 07.00 WIB masyarakat yang berasal dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung mulai memadati Dome Bale Rame. Mereka datang menggunakan bus dari tempat tinggal masing-masing.

Sementara itu, pihak kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dishub Kab Bandung melakukan pengamanan dari Jalan Raya Bandung-Soreang hingga ujung Jalan Raya Al Fathu. Selain menyerahkan sertifikat gratis, Jokowi juga akan meresmikan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja).

Salah seoramg penerima sertifikat, Syarifah Nur (32) warga Kampung Ragamukti, Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung, mengaku senang menjadi salah satu penerima sertifikat gratis. Apalagi seringkali ia mendengar jika pengurusan sertifikat sering lama bahkan bisa mencapai bulanan.

"Tanah milkk saya 113 meter persegi yanh di sertifikat gratis. Prosesnga enggak lama dari pendaftaran hingga diterima satu bulan," katanya, Senin (4/12).

Menurutnya, jika mengurus sendiri bisa mencapai satu tahun dan membayar jutaan. Sementara itu, salah seorang penerima manfaat lainnya, H Akil dari Kecamatan Soreang mengaku senang memperoleh sertifikat dengan waktu kurang lebih tiga hingga empat bulan. Katanya, total tanah yang disertifikatkan mencapai 14 tumbak.

Menurutnya, dengan sertifikat tanah yang dimilikinya maka diakuinya lebih mempunyai dasar hukum dan bisa dijaminkan kepada bank. Hingga berita ini diturunkan Presiden Jokowi baru sampai ke lokasi penyerahan sertifikat di Dome Bale Rame.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement