Ahad 03 Dec 2017 12:30 WIB

Waspadai 4 Titik Kemacetan di Jalur Puncak Menuju Jakarta

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah
Petugas kepolisian bersiap melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan kendaraan menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas kepolisian bersiap melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan kendaraan menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat. (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Anaga Budiarso mengatakan terdapat empat titik kemacetan di jalur arus balik dari Puncak Bogor menuju Jakarta.

Empat titik tersebut diantaranya tersebar di Pasar Cisarua, Mega Mendung, Jatiwangi dan Warung Kaleng, Cisarua Bogor. Agana mengatakan, puncak kemacetan akan terjadi pada pukul 12.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB nanti.

"Pukul 12.00 checkout dari hotel, biasanya kan puncaknya itu antara pukul 12.00, 13.00, 14.00 dan 15.00 itu pada keluar semua dari hotel atau vila," kata Anaga ketika dihubungi Republika.co.id, Ahad (3/12).

Untuk mengantisipasi puncak kemacetan, polisi akan melakukan sistem satu arah guna mengurai kemacetan akibat arus balik Puncak Bogor menuju Jakarta.

"Antisipasinya kita membuat one way system, sistem satu arah nanti pukul 12.00. Itu satu arah mengarah keb awah, ke Jakarta," tambahnya.

Pada puncak arus balik siang nanti diperkirakan akan ada sekitar 15 ribu kendaran yang akan melintas baik dari arah Puncak Bogor menuju Jakarta maupun Jakarta menuju Puncak Bogor. Agana menambahkan, Polres Bogor telah mengerahkan ratusan personel untuk mengatur arus lalu lintas.

"Ada 250 personel (yang dikerahkan), itu dari mulai Pasir Muncang, Gadog sampai ke perbatasan Rindu Alam," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya