Sabtu 02 Dec 2017 19:42 WIB

BMKG: Siklon Dahlia Sebabkan Hujan Sedang Hingga Lebat

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Elba Damhuri
siklon tropis dahlia
Foto: BMKG
siklon tropis dahlia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan siklon tropis Dahlia memberi dampak hujan sedang hingga lebat dan gelombang laut tinggi.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Indonesia, Hary Djatmiko mengatakan siklon tropis Dahlia memberikan dampak berupa hujan sedang hingga lebat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Kemudian angin kencang lebih dari 20 knot di antaranya di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat, dan selatan.

"Kemudian gelombang laut dengan ketinggian 2,5 - 4,0 meter di perairan selatan Jawa hingga Lombok, Selat Bali bagian selatan, dan Selat Lombok bagian selatan," kata Hary, Sabtu (2/12). Juga, Samudera Hindia selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hary menambahkan siklon ini juga mengakibatkan gelombang laut dengan ketinggian 4,0 - 6,0 meter di Samudera Hindia selatan Jawa.

Dalam beberapa hari ini, sejumlah wilayah di Indonesia mengalami terpaan angin kencang, hujan sedang, hingga hujan lebat. Di beberapa daerah terjadi bencana banjir dan longsor yang memakan korban jiwa.

Di Pacitan, banjir menimbulkan korban jiwa selain rumah-rumah yang terendam. Begitu juga bencana alam di Jawa Barat yang sebabkan kerusakan dan korban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement