Sabtu 02 Dec 2017 06:23 WIB

Peserta Reuni 212 dari Istiqlal Bergerak Menuju Monas

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah
Ribuan umat Islam mengikuti Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (2/12).
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Ribuan umat Islam mengikuti Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta Reuni 212 yang singgah di Masjid Istiqlal mulai bergerak menuju lapangan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (2/12) dini hari. Pergerakan peserta sudah mulai terlihat pada pukul 02.30 WIB.

Para peserta mengejar agar bisa shalat Subuh berjamaah di Lapangan Monas. Sebagian peserta yang berangkat rombongan membawa bendera organisasi dan meneriakkan Allahu Akbar sebelum meninggalkan Istiqlal. Mereka tampak mengenakan baju berwarna putih. Salah satu rombongan terlihat mengenakan seragam organisasi berwarna hitam.

Massa yang bergerak terlihat memadati jalan raya dari Istiqlal menuju Monas. Di pinggir jalan terlihat sejumlah bus para peserta yang diparkir. "Ke Monas sekarang biar bisa shalat Shubuh berjamaah. Tadinya mau ngejar Qiyamul Lail tapi enggak kekejar," kata Asma (18), Sabtu (2/12).

Sebelumnya, Asma bersama kakaknya, Fadiyah (21), telah tiba di Istiqlal Jumat (1/12) pukul 21.00 WIB. Mereka beristirahat sejenak di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut. Ketika jamaah mulai bergerak ke Monas, keduanya pun terlihat mengikuti.

Perjalanan dari Istiqlal menuju Monas dengan berjalan kaki bisa ditempuh sekitar 10 hingga 15 menit. Sesampainya di Monas, para peserta Reuni 212 terlihat telah menggelar sajadah sambil menunggu pelaksanaan shalat Subuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement