Jumat 01 Dec 2017 15:54 WIB

Peserta Reuni 212 Mulai Tiba di Istiqlal Sejak Kamis Malam

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Israr Itah
Massa aksi super damai 212 tahun 2016 lalu.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Massa aksi super damai 212 tahun 2016 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan peserta reuni aksi 212 mulai tiba di Masjid Istiqlal, Jakarta sejak Kamis (30/11) malam. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

"Ada, Kamis malam mulai sampai," kata salah satu pengurus Masjid Istiqlal, Jakarta, Musi kepada Republika.co.id, Jumat (1/12).

Ia mengatakan sejumlah jamaah tidur dan beristirahat di selasar masjid. Pengurus mempersilahkan peserta reuni beristirahat, tetapi tidak di ruang utama masjid. Musi menambahkan peserta aksi kebali berdatangan pada Jumat siang.

Terkait logistik, Musi mengatakan tak mengetahui ada tempat khusus pengumpulan dari sukarelawan aksi. Pun ia mengaku tak mendengar rencana pendirian dapur logistik.

Membandingkan tahun lalu, Musi menyebutkan, sukarelawan menyiapkan makanan untuk peserta. Namun, makanan itu sudah siap saji atau tak dimasak di masjid.

Terkait banyaknya jamaah di Masjid Istiqlal, Musi menyebut hal itu lantaran ada kegiatan sholat Jumat, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Monas, Jakarta dan kegiatan lainnya di dalam masjid. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, tak ada tumpukan kardus atau tas pakaian di dalam masjid. Kendati demikian, banyak jamaah beristirahat di luar ruang utama masjid. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement