Kamis 30 Nov 2017 14:35 WIB

Angin Kencang, Pohon Bertumbangan di Bandung Barat

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Reiny Dwinanda
Akibat angin kecang disertai hujan, sebuah pohon tumbang di Bandung Barat, Jawa Barat. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Akibat angin kecang disertai hujan, sebuah pohon tumbang di Bandung Barat, Jawa Barat. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEMBANG -- Hujan deras yang disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang pada Kamis (30/11) pagi di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pohon tumbang tersebut menimpa beberapa bangunan sekolah, rumah warga, dan kendaraan roda empat.

Kepala Desa Gudang Kahuripan, Asep Karyana, mengkonfirmasi bangunan sekolah dasar (SD) Merdeka di Jalan Teropong Bintang tertimpa pohon tumbang. Saat kejadian, Ujian Akhir Semester (UAS) tengah berlangsung.

"Dua pohon tumbang menimpa satu ruangan belajar kelas enam. Kejadian berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB," ujarnya, Kamis (30/11). 

Asep menjelaskan, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Seluruh murid sudah dievakuasi oleh kepala sekolah dan guru. 

Selain di Gudang Kahuripan, hujan deras dan angin kencang juga menumbangkan pohon di Cikole, BIB, dan Kayu Ambon.

Angin kencang membuat baliho, spanduk, serta seng dan kanopi rumah warga di sejumlah desa ikut berterbangan. Akibat pohon tumbang, aliran listrik dari PLN juga sempat terputus.

Sementara itu, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Bandung Barat, Dicky Maulana mengatakan berdasarkan hasil pantauan sementara kejadian pohon tumbang terdapat di Kecamatan Lembang berada di Desa Cikole menimpa mobil Land Rover. 

Pihaknya juga telah menerima informasi kejadian di Desa Gudang Kahuripan. Di samping itu, kejadian pohon tumbang di Desa Pagerwangi menimpa satu ruang kelas sekolah SD Pagerwangi.

Di Desa Cibodas, pohon tumbang menimpa rumah. Lantas di Desa Lembang jalan Baru Ajak, pohon menimpa kabel listrik.

Di Desa Cikahuripan, pohon tumbang ke jalan, 

"Di Desa Kayuambon, pohon tumbang menimpa rumah depan kantor BIB, Desa Lembang menimpa pendopo kinderdorf, Desa Lembang Jalan Sesko Au menimpa pagar rumah, Desa Lembang depan kantor Polsek Lembang dan Desa Jayagiri, Gunung Putri RT 01 RW 10 menimpa rumah," papar Dicky.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), hujan disertai angin kencang terus akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement