Rabu 29 Nov 2017 19:41 WIB

Pergelaran Catur HUT Korpri Pecahkan Rekor MURI

Rep: Mg01/ Red: Hazliansyah
Perlombaan catur dalam HUT Korpri
Foto: Republika/MG 01
Perlombaan catur dalam HUT Korpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada yang unik di perayaan HUT Korpri ke-46. Dewan Pengurus Korpri Nasional (DKPN) menggelar lomba catur kolosal dan catur simultan sekaligus memecahkan rekor MURI.

Nanang Pujalaksana, Wakil Sekjen PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) mengatakan, pemecahakan rekor MURI dilakukan dalam catur kolosal yang pesertanya yang mencapai 500 orang dengan durasi 2×15 menit sebanyak tujuh babak.

Sedangkan, pergelaran simultan catur sendiri diikuti 80 peserta yang dibagi menjadi dua, 40 orang melawan Grand Master Catur Cerdas Barus, dan 40 orang lain melawan Grand Master Catur Susanto Megaranto yang dilakukan secara sekaligus.

"Percasi menyambut baik kegiatan seperti ini, karena ini adalah bagian dari kita untuk lebih menggairahkan catur di Indonesia. Faktanya memang saat ini catur perlu suntikan kegiatan dan aktifitas serta partisipasi dari semua pihak," kata Nanang dalam acara yang digelar di Halaman Ditjen Dukcapil, Kemendagri, Rabu (29/11).

Ia mengatakan pergelaran pertandingan catur di acara HUT Korpri ke-46 ini bisa meningkatkan kembali semangat masyarakat Indonesia untuk bermain catur dan meraih prestasi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutannya mengatakan, pergelaran kolosal catur cepat tidak sekadar untuk pemecahan rekor. Namun ada filosofinya, yakni agar menjadi PNS yang bisa melayani secara kilat dengan hasil yang mantap.

"Acara ini adalah pertama kalinya, tahun depan kita juga akan selenggarakan lagi dengan jumlah peserta lebih banyak," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement