Senin 27 Nov 2017 17:27 WIB

Branding Wisata 'Taste of Padang', untuk Siapa?

Salah Satu Rumah Gadang di Sumatra Barat.
Sejumlah barang dagangan ditumpuk di halaman Jam Gadang.

Saat peluncuran, merek wisata 'Taste of Padang' akan didampingi dengan logo menyerupai bagonjong di Rumah Gadang dengan lima macam warna. Pemilihan slogan dan logo yang merepresentasikan pariwisata di Sumatra Barat ini memakan waktu dua bulan, sejak survei awal, kajian, hingga pembuatan merek wisata.

Sebetulnya, ketetapan soal merek 'Taste of Padang' mengalami perubahan dibanding penawaran awal dari tim ahli. Perjalanan panjang kajian dan survei menghasilkan slogan 'Taste of Padang, Culture of Minang'.

Kata 'taste' mewakili sajian kuliner dari Sumatra Barat yang dikenal seantero Nusantara. Dari hasil survei, jamaknya orang selalu teringat tentang Masakan Padang bila ditanya soal Sumatra Barat. Sementara kata 'culture' mewakili keelokan budaya asli Minangkabau yang juga dikenal hingga mancanegara.

Tapi slogan awal yang diajukan ternyata mendapat banyak penolakan. Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet misalnya, mengkritisi slogan yang terkesan melupakan keberadaan daerah yang ia pimpin, Mentawai. Ia mengingatkan bahwa Sumatra Barat tidak hanya masyarakat Minangkabau, namun juga orang-orang Mentawai yang menyusun keberagaman.

"Mentawai itu sudah kepalang tanggung untuk pariwisata. Saya sudah berkorban untuk wisata. Sawit kami tolak demi wisata. Tapi, di mana posisi Mentawai di sini?" ujar Yudas di hadapan forum.

Komentar Yudas ini menyadarkan seluruh elemen penyusunan merek wisata bahwa dari sisi budaya, Mentawai juga ikut berkontribusi terhadap keanekaragaman suku di Sumatra Barat. Akhirnya, setelah diskusi panjang, disepakati bahwa diksi "Culture of Minang" dihapuskan.

Kementerian Pariwisata memang sedang gila-gilaan menggenjot promosi wisata, baik ke dalam atau luar negeri. Salah satu caranya dengan membangun merek wisata di masing-masing daerah di Indonesia.

Daerah lain yang sudah memiliki merek wisatanya, seperti DKI Jakarta dengan 'Enjoy Jakarta', Kepulauan Riau dengan 'Wonderful Riau Island', dan Sulawesi Selatan dengan 'Explore Makassar'.

Lalu ada lagi area Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) dengan julukan "Java Cultural Wonders" dan Jawa Barat dengan "Stunning Bandung".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement