Ahad 26 Nov 2017 13:33 WIB

Cegah Anak Bertindak Negatif, KPAI Minta Keluarga tak Cuek

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Winda Destiana Putri
KPAI
Foto: dok KPAI
KPAI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyampaikan penanaman karakter dan moral yang baik terhadap anak pertama kali haruslah dilakukan di lingkungan keluarga. Peran orang tua, kata dia, sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

"Pendidikan kan tripusat, yaitu sekolah, rumah dan masyarakat. Menanamkan karakter yang utama dan pertama justru di keluarga, yaitu peran orang tua," kata Retno, Ahad (26/11).

Kendati demikian, ia juga menilai, sistem pendidikan yang mengutamakan nilai dan akademik akan berpengaruh terhadap anak-anak tertentu yang membutuhkan eksistensi. Sebab, sambungnya, kecerdasan tak hanya berupa kecerdasan akademik, namun bisa juga kecerdasan motorik, dll.

"Sistem persekolahan yang mengutamakan nilai dan akademik memang akan berpengaruh pada anak-anak tertentu yang butuh eksistensi," ujar Retno.

Karena itu, diperlukan kontrol atau pengawasan oleh seluruh pihak, baik orang tua, pihak sekolah, maupun masyarakat dalam mengawasi kegiatan yang dilakukan anak-anak. Sehingga tak mengarah pada kegiatan negatif dan berbahaya.

"Ya kontrol semua pihak, jangan cuek," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement