Selasa 21 Nov 2017 14:23 WIB

Diberi Marga Siregar, Kahiyang: Moga Bisa Amalkan Pesan Raja

Rep: Issha Harruma/ Red: Endro Yuwanto
Kahiyang dan Bobby menyampaikan ucapan terima kasih mereka atas pemberian marga Siregar kepada Kahiyang, Selasa (21/11).
Foto: Dok. Istimewa
Kahiyang dan Bobby menyampaikan ucapan terima kasih mereka atas pemberian marga Siregar kepada Kahiyang, Selasa (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), akhirnya resmi mendapatkan marga Siregar.

Mangalehan marga atau penabalan marga ini digelar di kediaman paman Bobby, suami Kahiyang, di Jl Suka Tangkas, Suka Maju, Medan Johor, Selasa (21/11). Senyum lebar pun terpancar dari wajah Kahiyang usai diberikan marga.

Putri semata wayang Jokowi ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat.

"Semoga saya bisa mengamalkan yang disampaikan para raja. Semoga kami bisa jadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warrahmah," kata Kahiyang di atas pelaminan adat, Selasa (21/11).

Hal senada disampaikan sang suami, Bobby Nasution. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas pemberian marga kepada istrinya tersebut. "Terima kasih kepada raja-raja terutama Tulang Doli yang sudah memberikan marga ke istri saya. Semoga marga yang diberikan bisa dijaga dengan baik," ujar dia.

Sebelum mendengarkan sambutan dari keduanya, pasangan pengantin ini terlebih dahulu mengikuti prosesi mangupa atau upa-upa. Mangupa adalah upacara adat yang berisi doa, pesan-pesan, dan petunjuk kepada kedua pengantin. Pesan ini disampaikan dengan bahasa Mandailing.

Setelah itu, keduanya saling menyuapi nasi dan lauk daging kerbau. Hal ini bermakna kasih sayang antarkeduanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement