Senin 20 Nov 2017 07:43 WIB

Informasi Kebencanaan di Lombok Timur Bagian Selatan Minim

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Dua orang laki-laki mencari sisa-sisa barang yang bisa diselamatkan salah satu rumah warga yang ambruk akibat diterjang banjir bandang di Desa Sepit, Keruak, Selong, Lombok Timur, NTB, Ahad (19/11).
Foto: Antara/Anto
Dua orang laki-laki mencari sisa-sisa barang yang bisa diselamatkan salah satu rumah warga yang ambruk akibat diterjang banjir bandang di Desa Sepit, Keruak, Selong, Lombok Timur, NTB, Ahad (19/11).

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TIMUR -- Banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu (18/11) cukup mengagetkan. Sebab, banjir ini menerjang wilayah-wilayah di bagian selatan Pulau Lombok, seperti Kecamatan Jerowaru, Keruak, dan Sakra Barat yang bukan menjadi 'langganan' banjir. Tercatat 15 dusun dan 11 desa dari tiga kecamatan tersebut mengalami musibah banjir.

Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur Lalu Masri Habibullah mengatakan, kondisi ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan wilayah utara di Kabupaten Lombok Timur seperti di Kecamatan Sambelia dan Sembalun yang kerap dilanda banjir setiap tahunnya.

Beragam faktor ditengarai menjadi penyebab banjir, yakni intensitas hujan yang cukup tinggi dengan lama hujan berkisar tujuh hingga delapan jam yang mengguyur tiga kecamatan ini pada Sabtu (18/11). Selain itu, lanjut Masri, meluapnya Bendungan Pandandure juga ikut berperan mengakibatkan aliran air menerjang permukiman warga.

Mengingat tak biasanya dilanda banjir, Masri mengungkapkan respon masyarakat sekitar yang justru ikut menonton dan mendekati lokasi kejadian. Berbeda dengan wilayah utara di Lombok Timur yang telah mendapatkan informasi akan penanganan bencana, bahkan ada juga tim siaga desa sebagai langkah antisipatif jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Warga yang telah mendapatkan informasi penanganan bencana, lanjut Masri, langsung bergegas menjauhi lokasi bencana banjir, dan menuju lokasi yang lebih tinggi.

"Di Jerowaru dan Keruak informasi bencana masih minim karena tumben, jadi pengenalan bencana belum intensif di sini," ujar Masri saat ditemui Republika.co.id di Kantor Camat Keruak, Lombok Timur, Ahad (19/11) malam.

Meski mengaku sempat kewalahan lantaran masyarakat justru mendekati lokasi banjir, Masri menilai hal ini menjadi masukan berharga bagi BPBD Lombok Timur untuk memberikan informasi tentang kebencanaan ke depan bagi masyarakat sekitar.

Kepala BPBD NTB Muhammad Rum mengatakan banjir sudah mulai berangsur surut pada Ahad (19/11). Namun, BPBD NTB maupun BPBD Lombok Timur tetap bersiaga penuh.

"Karena potensi terjadinya hujan masih tinggi," kata Rum.

Selain itu, areal terdampak banjir juga tergolong cukup luas dan tersebar di beberapa titik. Hal ini diperparah dengan luapan air dan lumpur yang menggenangi akses jalan.

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur telah menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari, mulai Sabtu (18/11) hingga Jumat (24/11). Rum menambahkan, posko tanggap darurat juga telah didirikan di Kantor BPBD Lombok Timur dan di Kantor Camat Keruak. Di posko ini, seluruh distribusi bantuan hingga dapur umum dipusatkan.

Rum merinci jumlah warga terdampak mencapai 2.280 jiwa dengan 578 kepala keluarga, 141 warga di antaranya sempat mengungsi, namun banyak yang sudah kembali ke rumah masing-masing. Dua warga dilaporkan meninggal dunia, yakni Wasila Cantika (10) akibat reruntuhan rumah, dan Rozi Gozali (16) yang hanyut.

Dari sisi infrastruktur, banjir mengakibatkan rusaknya 20 jembatan desa, satu unit gardu listrik, lima tiang listrik tumbang, 10 rumah rusak berat, dan 598 rumah rusak ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement