Selasa 07 Nov 2017 05:05 WIB

9 Negara Berpacu pada Internasional Musi Triboatton 2017

Rep: Maspril Aries/ Red: Andi Nur Aminah
 Sejumlah atlet mengikuti event olahraga International Musi Triboatton (IMT) IV 2015 yang mengarungi sungai Musi di Sumsel, Kamis (17/12).  (Republika/Maspril Aries)
Sejumlah atlet mengikuti event olahraga International Musi Triboatton (IMT) IV 2015 yang mengarungi sungai Musi di Sumsel, Kamis (17/12). (Republika/Maspril Aries)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Jika Sumatra Barat (Sumbar) punya Tour de Singkarak maka Sumatra Selatan (Sumsel) punya International Musi Triboatton. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel dan Kementerian Pariwisata kembali menyelenggarakan International Musi Triboatton VI yang akan berlangsung 7 hingga 11 November 2017.

International Musi Triboatton kali akan menyusuri sungai Musi yang membelah Provinsi Sumsel sejauh 450 km dengan star di Desa Terusan, Kabupaten Empat Lawang dan finish di Palembang. "International Musi Triboatton  2017 akan diikuti peserta dari sembilan negara termasuk tuan rumah Indonesia," kata Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn, Senin (6/11).

Negara yang akan mengirim para pedayungnya adalah Cina, Kanada, Perancis, Jordania, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina dan Malaysia termasuk di dalamnya tim dari Melaka. International Musi Triboatton VI merupakan lomba yang memadukan antara olahraga dan pariwisata atau sport dan tourism terbagi menjadi lima etape dengan mempertandingkan nomor rafting atau arung jeram, kayak dan traditional boat. "Musi Triboatan 2017 akan memperebutkan hadiah total Rp 150 juta," ujar Irene Camelyn.

Etape I check point sekaligus menjadi tempat start berada  di Desa Terusan, Kabupaten Empatlawang, peserta akan menyusuri sungai Musi dengan jarak 35 Km pada 8 November 2017. Keesokan harinya, 9 November peserta akan menyusuri etape II dengan start dan check point di Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) sejauh 140 Km.

Etape III pada 10 November, peserta akan menyusuri sungai Musi sejauh 165 km dengan start dan check point di Sekayu Water Front Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Etape IV berada di Kabupaten Banyuasin, startpada 11 November 2017 di dermaga Pangumbuk. Etape ini menyusuri sungai Musi sejauh 108 km sampai finish di Palembang yang menjadi etape V dengan dipusatkan di plaza Benteng Kuto Besa (BKB).

Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn optimistis International Musi Triboatton VI berlangsung sukses. Masyarakat kini semakin antusias menyaksikannya. Musi Triboatton kali ini sekaligus sebagai bagian dari promosi Asian Games XVIII yang akan berlangsung 2018, kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement