Selasa 07 Nov 2017 00:25 WIB

Karawang Andalkan Bantuan Pemerintah Pusat Tangani Abrasi

Abrasi
Foto: Antara
Abrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengandalkan bantuan dana dari pemerintah pusat untuk penanganan abrasi di wilayah pesisir utara Karawang.

Kepala Seksi Kelembagaan Nelayan Dinas Perikanan Karawang Setya Saptana, di Karawang, Senin (6/11), mengatakan hingga kini sudah ada bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk penanganan abrasi.

"Bantuan dana dari pemerintah pusat itu dialokasikan untuk pembuatan sabuk pantai di sejumlah titik," katanya.

Pembuatan sabuk pantai yang telah dikerjakan di antaranya di wilayah pesisir Pantai Pasir Putih sepanjang 1.200 meter. Untuk pembuatan sabuk pantai yang sedang dalam proses pengerjaan berada di titik pesisir Pantai Cemara Jaya dengan panjang 3,3 kilometer.

Ia mengatakan, sejumlah titik lainnya yang masih menunggu kucuran anggaran APBN adalah pesisir pantai Pusaka Jaya Utara sepanjang 3,8 kilometer. Kemudian pembuatan sabuk di wilayah Pantai Sungai Buntu 6,7 kilometer serta di wilayah pesisir utara Pantai Pasir Putih Tanjung baru sepanjang 6,8 kilometer.

Sementara itu, abrasi yang terjadi di wilayah pesisir utara Karawang kini sudah memprihatinkan. Dari tahun ke tahun, wilayah daratan hilang tergerus abrasi.

Catatan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, abrasi yang terjadi di wilayah pesisir utara Karawang mencapai 34,626 kilometer, tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Karawang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement