Sabtu 28 Oct 2017 08:19 WIB

Ketua MPR: Hentikan Kegaduhan, Rajut Kembali Merah Putih

Rep: Amri Amrullah/ Red: Endro Yuwanto
Zulkifli Hasan
Foto: MGROL75
Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mengaku prihatin dengan banyaknya saling menista dan saling melapor sesama anak bangsa akhir-akhir ini.

"Sekarang kalau bukan pendukungnya, maka dianggap lawannya. Kalau beda pilihan dalam pilkada dianggap anti-Pancasila. Ini salah paham sekaligus paham yang salah," kata Zulkifli saat memperingati Hari Jadi Ke-53 Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jumat (27/10).

Untuk itu Zulkifli mengajak seluruh pihak untuk menahan diri dari memecah belah persaudaraan. "Mari hentikan kegaduhan dan mulailah menjahit kembali Merah Putih kita. Apapun latar belakang suku, agama, dan latar belakangmu kau adalah saudaraku," ujar dia.

Salah paham yang lain, lanjut Zulkifli, adalah pengkotak-kotakan masyarakat. "Kami toleran, kalian intoleran. Kami perawat kemajemukan, kalian perusak kebhinnekaan. Kami penjaga Pancasila dan kalian pengkhianat Pancasila. Salah paham ini berbahaya. Ini harus kita luruskan," jelasnya.

Zulkifli menegaskan, agenda kebangsaan bukanlah sekadar mengejar ketertinggalan di berbagai bidang, juga bukan sekadar pekerjaan rumah mengenai ekonomi rakyat. Di samping kedua agenda itu, agenda kebangsaan yang sungguh serius dan tidak bisa ditunda-tunda untuk ditunaikan adalah agenda untuk menjahit kembali Merah Putih.

"Saya beserta jajaran MPR menegaskan tekad kami untuk menjadi penjahit kembali Merah Putih. Merajut kebhinnekaan, memperkuat persatuan. Kami percaya bahwa inilah tugas sejarah yang amat besar yang menjadi tantangan kita sekarang ini," kata Zulkifli menegaskan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement