Selasa 17 Oct 2017 04:08 WIB

Pesta Rakyat Menyambut Gubernur Baru Berlangsung Meriah

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Kiriman bunga kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Anies - Sandi dari pejabat pemerintah di Balaikota Jakarta, Senin (16/10)
Foto: Republika/Zahrotul Oktaviani
Kiriman bunga kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Anies - Sandi dari pejabat pemerintah di Balaikota Jakarta, Senin (16/10)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan masyarakat berdatangan menuju Balai Kota Jakarta, Senin (16/10). Pesta rakyat menyambut pemimpin baru DKI Jakarta periode 2017 - 2022 Anies Baswedan dan Sandiaga S. Uno berlangsung meriah.

Sejak pagi kawasan Balai Kota Jakarta terlihat sibuk. Ratusan masyarakat baik pendukung maupun bukan berdatangan untuk menyambut pasangan Anies - Sandi.

 

Di dalam Balai Kota tersedia sebuah panggung besar yang digunakan untuk menghibur masyarakat. Berbagai kesenian ditampilkan diatas panggung. Mulai dari tari tradisional, nasyid, hingga dangdut disuguhkan kepada masyarakat yang hadir.

 

Di depan panggung terhampar karpet warna merah oleh pihak panitia. Karpet merah tersebut juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersantai sambil menikmati berbagai jajanan gratis yang disiapkan di sekitaran panggung.

 

Berbagai kuliner yang disediakan berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Jakarta. Sebanyak 26 UMKM menyiapkan makanannya untuk masyarakat. Jenis kuliner yang tersedia beragam. Mulai dari kerak telor, es dung dung, sosis bakar, soto, siomay, dan lain-lain.

 

"Ada 26 UMKM yang di sini. Pedagang di sini binaan dinas UMKM dari Pusat, Timur, dan Selatan," ucap Jackson selaku petugas Dinas UMKM yang mengorganisir kuliner di Balai Kota.

 

Di depan Balai Kota juga tersedia berbagai atraksi yang disiapkan oleh simpatisan dan pendukung Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies - Sandi. Terdapat ondel-ondel, reog, kesenian tradisional, dan lain-lain. Hiburan ini dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis selama pesta rakyat berlangsung.

 

Beberapa fasilitas umum juga tersedia di lokasi ini. Mulai dari bus toilet, ambulans, pemadam kebakaran, dan laboratorium mobile. Salah satu KCP dari Grogol membuka stand pengecekan gula darah dan tensi gratis bagi masyarakat yang hadir di Balaikota.

 

Jelang pesta rakyat di Balai Kota, jalan menuju Balai Kota sempat ditutup sementara. Pengendara motor maupun mobil yang akan melewati Jalan Medan merdeka Selatam ditutup aksesnya. Di depan Gedung Kedutaan Amerika Serikat, kendaraan bermotor dibelokkan arahnya ke arah kanan.

 

Pesta rakyat dilaksanakan mulai sore hari pukul 15.00 WIB dan selesai sekitar pukul 21.00 WIB. Namun puncak acara dimulai pukul 18.00 WIB, setelah Anies - Sandi datang dari Istana Negara pascaresmi dilanti menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement