Kamis 05 Oct 2017 10:13 WIB

Jokowi Yakin TNI Jadi Angkatan Bersenjata yang Disegani

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Winda Destiana Putri
Pasukan melakukan persiapan sebelum Gladi Bersih HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pasukan melakukan persiapan sebelum Gladi Bersih HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Presiden Joko Widodo menyambut baik perayaan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-72. Menurutnya, dengan tercapainya usia ini tentara Indonesia menjadi angkatan bersenjata yang disegani.

"TNI bisa menjadi kekuatan besar bukan hanya di regional tapi hingga Asia," kata Joko Widodo dalam perayaan HUT TNI di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, Kamis (5/10).

Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, dengan kekuatan yang dimiliki TNI akan menjadi lembaga pertama dan terdepan dalam menjaga kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

TNI memiliki profesionalisme yang terus meningkat setiap waktu. Komitmen TNI untuk menjalankan tugas yang berat dan berisiko dengan dedikasi tinggi memperlihatkan bahwa angkatan bersenjata ini mempunyai peran sentral menjaga NKRI, Pancasila, dan kewibawaan negara.

Jokowi mengingatkan agar TNI juga bisa menjaga kondisi di masyarakat lebih tenang. Dalam keadaan yang serba cepat, informasi akan mudah mengalir kepada masyarakat, itu tidak bisa ditutupi. Kejadian sekecil apapun akan bisa dipublikasikan hingga ke mancanegara.

"Maka kita harus memberikan pesan bahwa Indonesia adalah negara yang stabil. Sinergi antara TNI dan pemerintah serta seluruh komponen anak bangsa adalah mutlak dan wajib dijaga serta ditingkatkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement