Selasa 03 Oct 2017 22:19 WIB

Drama Kolosal Hingga Atraksi Udara akan Meriahkan HUT TNI

Rep: Santi Sopia/ Red: Bayu Hermawan
Logo Mabes TNI
Logo Mabes TNI

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan gladi bersih HUT TNI ke-72 di Pantai Indah Kiat Cilegon, Banten, Selasa (3/10). Pantauan Republika.co.id, gladi bersih dimulai dengan upacara yang dipimpin Presiden RI.

Acara kemudian menampilkan drama kolosal dengan tema detik-detik perjuangan Jenderal Soedirman melawan penjajah Belanda. Lalu dilanjutkan dengan penampilan 1.600 prajurit melakukan seni bela diri pencak silat.

Penampilan bela diri ini bertujuan menunjukkan TNI juga menjadi bagian pelestarian seni Tanah Air. Para prajurit yang menampilkan pencak silat maupun debus mengenakan kain batik berwarna coklat di bagian pinggang.

Turut memeriahkan pada demonstrasi ini 72 penerjun prajurit pilihan didukung pesawat CN-25 di ketinggian 6.000 feet dari skadron 2 pangkalan Lanud Halim Perdana Kusuma.Jumlah penerjun tersebut melambangkan usia TNI saat ini.

Selanjutnya Langit Dermaga Kiat Banten diwarnai demonstrasi halang rintang laut, yang diadopsi dari pengalaman yang sering ditemukan. Puncak HUT TNI digelar 5 Oktober mendatang. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan dermaga Cilegon tersebut paling sesuai sebagai tempat parade dan atraksi yang dilakukan.

"Tidal ada tempat lain yang cocok untuk parade darat, laut dan udara," kata Panglima TNI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement