Selasa 03 Oct 2017 00:30 WIB

Kelabui Wartawan, Setnov Tinggalkan Rumah Sakit Diam-Diam?

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nidia Zuraya
Setya Novanto
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Setya Novanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Setya Novanto diduga telah meninggalkan Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur pada Senin (2/10) malam, sebagaimana disebut-sebut sebelumnya terkait rencana kepulangan Novanto pasca dua pekan dirawat di RS tersebut.

Namun tidak diketahui jelas waktu persis Novanto keluar dari rumah sakit, lantaran kendaraan yang diduga membawa Novanto tidak diketahui para awak media yang menunggu Novanto sejak Senin (2/10) pagi.

Pantauan Republika.co.id di sekitar RS tersebut, para awak media yang seharian berada di sekitar RS memang melihat gelagat persiapan Novanto sejak pukul 18.39 WIB. Saat itu ada iring-iringan mobil Toyota NAV1 putih yang dikawal mobil Toyota Land Cruiser hitam bernopol BP 1974 PG dengan di depannya motor pengawal polisi.

Namun tidak nampak Novanto dalam mobil tersebut, melainkan dua perempuan yang berada di dalam mobil tengah. Pasca kepergian mobil tersebut, tidak nampak pergerakan signifikan di sekitar rumah sakit, penjagaan pengamanan di sekitar rumah sakit juga masih terjadi dimana awak media tidak diizinkan berada di area dalam rumah sakit.

Namun sekitar pukul 20.00 -21.00 WIB, sejumlah mobil mewah keluar area rumah sakit. Kemudian disusul mobil pengawal pribadi (patwal) Novanto dengan pelat nomor 1288886-VII yang diketahui meninggalkan area RS sekira pukul 21.30 WIB.

Mobil tersebut diduga kuat selalu berada area RS selama 15 hari sejak Novanto dirawat pada 18 September lalu, yang meyakinkan kepulangan Novanto.

Para awak media yang mencium gelagat kepulangan Novanto pun kemudian mencoba memasuki area RS, namun kali ini penjagaan tidak seketat seperti beberapa waktu sebelumnya. Biasanya petugas  yang jumlahnya tiga hingga empat orang di tiap titip nampak selalu berjaga dan melarang awal media yang ingin masuk ke area RS. Namun setelah mobil tersebut keluar, pengamanan tidak seketat biasanya dan hanya nampak dua orang petugas saja.

Awak media pun mencoba mengkonfirmasi kepada petugas keamanan terkait kepulangan Novanto, meski tidak mendapat jawaban yang pasti.

"Nggak tahu udah pulang atau belum," ujar petugas keamanan.

Sementara pihak RS yang sebelumnya bisa dihubungi yakni Humas RS Premier Jatinegara Sukendar, saat dihubungi pada awak media untuk mengkonfirmasi kepulangan Ketua Umum Partai Golkar tersebut melalui ponselnya diketahui sedang tidak aktif.

Novanto dirawat di RS Premier Jatinegara sejak 18 September 2017 lalu. Ia sebelumnya juga sempat dirawat di RS Siloam tak lama setelah pemanggilan nya sebagai tersangka dalam dugaan korupsi pengadaan proyek KTP Elektronik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun dalam perkembangannya, ia disebut menderita beberapa penyakit dari mulai vertigo, gangguan ginjal hingga jantung. Novanto juga sempat menjalani operasi kateterisasi jantung.

Namun pasca putusan praperadilan Jumat (29/9) lalu, status Novanto sudah tak lagi menjadi tersangka korupsi KTP Elektronik. Sebab gugatan praperadilannya terhadap penetapan tersangka Novanto oleh KPK dikabulkan sebagian oleh hakim tunggal Cepi Iskandar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement