Rabu 27 Sep 2017 11:42 WIB

Pemerintah Kirim Air ke Pengungsi Gunung Agung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan kepada para pengungsi erupsi Gunung Agung di lapangan Desa Ulakan, Karangasem, Bali, Selasa (26/9).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan kepada para pengungsi erupsi Gunung Agung di lapangan Desa Ulakan, Karangasem, Bali, Selasa (26/9).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengirimkan berbagai perlengkapan air bersih, air minum dan sanitasi ke lokasi pengungsi Gunung Agung di Bali. "Perlengkapan didatangkan dari gudang tanggap darurat kami di Surabaya dan Bekasi sejak Minggu malam (24/9) lalu, " kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (27/9).

Dikatakan, aneka bantuan itu sasarannya satu yakni untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi para pengungsi akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali. Distribusi peralatan dan bantuan akan dilakukan di lima lokasi pengungsian utama yakni lokasi pertama di Tanah Ampo berupa satu unit mobil toilet dan dua Tenda Hunian Darurat (THD) lokasi kedua GOR Sueca Pura berupa enam Hidran Umum (HU), 20 unit WC knockdown, 10 THD, dan satu unit kontainer untuk sampah.

Lokasi pengungsian ketiga di Ulakan, berupa lima  HU, 10 WC knockdown, satu mobil tangki air (MTA), 10 THD dan melakukan pengeboran satu sumur. Lokasi keempat di Manggis yang dipasok lima HU, 10 WC knockdown, satu MTA, 10 THD dan juga dibuat satu sumur bor. Lokasi kelima yakni di Les Buleleng sudah dilakukan pemasangan lima HU, lima WC knockdown dan 10 THD.

Menurut Kordinator Pos Siaga Bencana Pusat Kementerian PUPR yang juga Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Khalawi AH, penambahan berbagai peralatan tersebut sangat mungkin dilakukan bila dibutuhkan.

"Untuk mendukung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, juga telah di bentuk Pos Siaga Bencana Gunung Agung yang diketuai oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Ketut Darmawahana dan Ketut Jayada sebagai Kordinator Lapangan," kata Basuki.

Pos Siaga Gunung Agung tersebut berada di Balai Wilayah Sungai Bali Penida sebagai Pos Utama dan Pos Taktis Lapangan (PT) di Kantor O & P Tukad Unda. "Saat ini, tim telah bergerak dengan penyiapan pos siaga dan organisasi, inventarisasi infrastruktur PUPR terdampak dan evaluasi kerentanan, penyiapan peralatan dan sumber daya manusia, dukungan sarana prasarana air bersih dan sanitasi, dan penyiapan peringatan dini banjir lahar berbasis prediksi hujan," jelas Khalawi.

Selain perlengkapan untuk pengungsi, Kementerian PUPR melalui BBPJN VIII telah menyiagakan alat berat berupa excavator tiga unit, loader tiga unit, dumptruck tujuh unit, crane dua unit, grader tiga unit, chainsaw enam unit, genset satu unit. Untuk mengantisipasi jembatan tidak berfungsi, sudah disiapkan Bailey 250 meter. Bronjong: 8.250 unit, Aramco 250 buah, Sheetpile 200 batang, Boxculvert (1x1m) 228 unit dan alat komunikasi sebanyak empat set.

Kesiapsiagaan peralatan juga dilakukan BWS Bali Penida, Ditjen SDA berupa alat berat berupa excavator tiga unit, loader satu unit, dumptruck tiga unit, trailer satu unit, bronjong 1.500 unit, geobag 2.000 unit, alat komunikasi satu set, genset tiga buah dan chainshaw empat buah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement