Rabu 13 Sep 2017 14:45 WIB

Gubernur NTB Dianugerahi Penghargaan Perpustakaan Nasional

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi
Foto: Mahmud Muhyidin
Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi mendapat penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional. Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muh Syarif Bando mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya.

Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan Gubernur NTB, dinilai memiliki kepedulian terhadap pengembangan perpustakaan dan kegemaran membaca. Juga mempunyai upaya agar perpustakaan daerah dan provinsi yang memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan minat membaca masyarakat NTB. Syarif berharap penghargaan ini semakin meningkatkan dan membangun minat membaca bagi masyarakat Indonesia.

"Kita harus buktikan, Indonesia adalah bangsa yang hebat dan bangsa yang besar adalah bangsa yang masyarakatnya melek literasi," ujar Syarif dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Mataram, NTB, Rabu (13/9).

Syarif menambahkan, penghargaan tertinggi di bidang perpustakaan diharapkan meningkatkan penyebaran informasi yang lebih luas akses perpustakaan bagi masyarakat.

Adapun kategori yang diberikan pada Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka adalah Kategori Pemilihan Buku (Pustaka) Terbaik 2017 (tema Kesehatan), Kategori Pelestari Naskah Kuno Terbaik, Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional, Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional, Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional, Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional, Kategori Tokoh Masyarakat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca, Kategori Birokrat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca, Kategori Mass Media dan Life Achievement.

Selain Gubernur NTB, Bupati Raja Ampat dan Bupati Solok juga ikut meraih penghargaan sebagai sebagai Tokoh Masyarakat/Birokrat yang peduli terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca. Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov NTB Bachruddin, yang mewakili TGB, mengatakan meskipun penghargaan ini ditujukan kepada kepala daerah, tetapi melekat juga seluruh organisasi perangkat daerah yang ada di Provinsi NTB. "Pada akhirnya penghargaan ini akan membawa efek pada perbaikan perpustakaan dan peningkatan minat baca di Provinsi NTB," kata Bachruddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement