Sabtu 26 Aug 2017 00:30 WIB

Kapolri Rotasi Lima Kapolda

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ilham Tirta
Irjen Anton Charliyan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Irjen Anton Charliyan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan rotasi jabatan terhadap sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri melalui Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2032/VIII/2017 tertanggal 25 Agustus 2017. Salah satu pati yang terkena rotasi adalah Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Anton Charliyan. Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu dipindahkan menjadi Wakalemdiklat Polri. 

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menegaskan, mutasi pada telegram rahasia merupakan  mutasi rutin dalam rangka tour of duty dan tour of area. "Untuk Kapolda Jabar ditempatkan sebagai Wakalemdikpol tidak terkait soal rekrutmen. Beliau memiliki pengalaman dan kecakapan akademik di lembaga pendidikan," ujar Martinus saat dikonfirmasi, Jumat (25/8). 

Selain itu, kata Martinus, rotasi jabatan dilakukan juga karena ada beberapa pati dan pamen yang memasuki masa pensiun sehingga perlu diganti. "Mutasi juga merupakan penyegaran bagi sebuah organisasi untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Martinus.

Dalam rotasi kali ini, jabatan Kapolda Jabar akan ditempati Irjen Agung Budi Maryoto, yang sebelumnya menjadi Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel). Untuk posisi Irjen Agung, akan digantikan oleh Irjen Zulkarnain yang sebelumnya Kapolda Riau. Kemudian pengganti Zulkarnain akan diisi oleh Brigjen Nandang yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar).

Kemudian, Kapolda Lampung Irjen sudjarno juga dimutasikan sebagai analis kebijakan utama bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisi Kapolda Lampung akan disisi oleh Irjen Suroso Hadi Siswoyo yang sebelumnya menjabat Pati Baintelkam Polri.

Untuk jajaran Perwira Menengah (Pamen), rotasi terjadi pada Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Rudy Heryanto yang dipindahkan menjadi Dirtipidter Bareskrim Polri dan yang menggantikan posisinya adalah Kombes Nico Alfinta yang sebelumnya menjabat Diresnarkoba Polda Metro Jaya. Untuk Diresnarkoba Polda Metro Jaya juga akan diisi oleh Kombes Suwodo Nainggolan yang sebelumnya menjadi Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri. Total personel yang mengalami rotasi sebanyak 87 posisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement