Kamis 24 Aug 2017 17:56 WIB

Film Nyai Ahmad Dahlan Diserbu Warga Yogyakarta

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Film Nyai Ahmad Dahlan
Foto: dok. PP Muhammadiyah
Film Nyai Ahmad Dahlan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemutaran perdana film Nyai Ahmad Dahlan tampak mendapat sambutan hangat dari masyarakat Yogyakarta. Pasalnya, sebagian besar pengunjung sejumlah bioskop memang datang untuk menonton film Nyai Ahmad Dahlan.

Tampaknya, salah satu alasan Nyai Ahmad Dahlan diserbu lantaran film itu memang diperuntukkan semua umur. Hal itu terlihat dari beragamnya pengunjung bioskop yang hendak menonton, mulai dari remaja, orang tua, sampai anak-anak sekolah.

Salah satunya Jati (40), yang datang menonton Nyai Ahmad Dahlan di Empire XXI pada Kamis (24/8) sore bersama istrinya. Menurut Jati, tujuannya menonton Nyai Ahmad Dahlan memang untuk mengenal lebih dalam sosok bernama Siti Walidah tersebut.

"Kita ingin kenal lebih dalam sosok Nyai Dahlan yang selama ini kita kagumi," kata Jati kepada Republika, Kamis (24/8).

Senada, Tika dan Intan yang ditemui di Jogja City Mall menuturkan, selama ini memang mengagumi dan banyak mendengar cerita tentang Nyai Dahlan. Maka itu, mereka datang ke bioskop khusus untuk menontonnya dan ingin lebih mengenal sosok Nyai Dahlan tersebut.

"Selama ini kita kagum kalau mendengar cerita-cerita perjuangan beliau. Makanya, kita mau nonton biar lebih mengenal sosoknya," kata dua dara cantik tersebut saling bersahutan.

Film Nyai Ahmad Dahlan sendiri diputarkan hampir di semua bioskop yang ada di Yogyakarta. Di antaranya, CGV Cinemas di Trasnmart Maguwo, Cinema 21 di Ambarukmo Plaza, XXI Jogja City Mall, Empire XXI dan Cinemaxx Lippo Plaza Yogyakarta.

Rata-rata bioskop memang hanya menayangkan film Nyai Ahmad Dahlan dalam satu teater, tapi dengan waktu yang berurutan selama satu hari. Film berdurasi 102 menit itu rata-rata tersedia untuk jam putar 12.00 WIB, 14.00 WIB, 16.00 WIB dan 18.00 WIB.

Karya bersutan Olla Adonara itu sendiri dimainkan Tika Bravani sebagai Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan, dan David Chalik sebagai KH Ahmad Dahlan. Film diproduseri Dyah Kalsitorini dan Widiyastuti, dengan aransemen lagu oleh Tya Subiyakto.

Sebelumnya, gala premier Nyai Ahmad Dahlan yang telah digelar di Jakarta, Makassar, Surabaya dan Yogyakarta cukup mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Termasuk di Yogyakarta, yang dihadiri pula Tika Bravani dan David Chalik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement