Selasa 22 Aug 2017 16:37 WIB

DPR Minta Kuota Tenaga Kesehatan Jamaah Haji Ditambah

Rep: Ali Mansur/ Red: Ilham Tirta
Ermalena, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI
Foto: Youtube
Ermalena, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IX DPR, Ermalena mendesak pemerintah untuk menambah kuota tenaga kesehatan yang mendampingi peserta jamaah haji. Sebab, berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan, jamaah haji yang berangkat dengan risiko tinggi setiap tahun terus meningkat.

"Tahun 2017 ini, jamaah haji yang berangkat dengan risiko tinggi (risti) mencapai 65 persen, satu kloter yang berangkat itu 450 peserta sementara tenaga kesehatannya hanya satu dokter dan dua perawat, itu sangat sangat kurang," kata Ermalena, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (22/8).

Semakin meningkatnya jamaah haji yang berangkat dengan risiko tinggi, menurut  Ermalena, perlu diidukung permintaan Kementerian Kesehatan untuk melakukan deteksi dini pada setiap calon jamaah yang mau diberangkatkan sebagai upaya peventif. "Kami menyarankan deteksi dini dilakukan begitu seseorang ditetapkan sebagai calon jamaah haji, diberikan buku catatan kesehatan agar kesehatan peserta haji dapat termonitor dan tertangani dengan baik," katanya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi IX DPR, Irma Suryani yang menegaskan pentingnya penambahan tenaga kesehatan yang mendampingi peserta jamaah haji, disaat meningkatnya jemaah haji yang berangkat dengan risiko tinggi. "Kami akan terus meminta pemerintah untuk menambah tenaga kesehatan yang mendampingi peserta jamaah haji yang ingin berangkat," katanya.

Selain pendampingan tenaga kesehatan, politisi partai Nasdem ini juga meminta Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPHI) untuk menyampaikan aturan maupun tata cara dalam menjalankan ibadah haji. "Mereka harus memberikan pemahaman kepada calon jamaah haji baik dalam menggunakan fasilitas umum dan lain sebagainya. Karena banyak ditemukan jamaah haji yang tidak bisa menggunakan toilet di sana. Memang sepele, tetapi ini penting, toilet yang kotor kan juga sumber penyakit," katanya.

Menurut Irma, yang menjadi sorotan lainnya yaitu mengenai katering untuk jamaah haji yang sering kali basi. Irma meminta pemerintah untuk membuat sanksi tegas agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. "Dengan cuaca ekstrem di sana mereka kan butuh asupan makan, kalau basi bagaimana, kan kasihan. Harus ada sanksi tegas agar mereka jera, sanksi tegas ya bukan sanksi administrasi," kata Irma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement