Jumat 18 Aug 2017 22:42 WIB

Start Up Yogya Unjuk Gigi Dalam Dilo Festival 2017

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Hazliansyah
Pemilik Startup memamerkan produknya saat Amvesindo Demo Day 2017 di Auditorium Indosat, Jakarta, Kamis (3/8).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Pemilik Startup memamerkan produknya saat Amvesindo Demo Day 2017 di Auditorium Indosat, Jakarta, Kamis (3/8).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Berwirausaha tak melulu indentik dengan usaha di bidang-bidang konvensional. Karena kini berwirausaha juga dapat dilakukan dengan media-media digital.

Terlebih, generasi masa kini atau biasa disebut generasi milenial kian akrab dengan dunia digital, seperti aplikasi dalam smartphone.

Hal itu juga mendorong DILo (Digital Inovation Lounge)  yang didirikan oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia) dengan dukungan PT Telkom Indonesia untuk terus menggenjot jumlah digitalpreneur di Indonesia.

Manajer DILo Yogyakarta, Azmiansyah mengatakan, salah satu kegiatan untuk menumbuhkan lebih banyak bibit digitalpreneur, DILo membuat sebuah kegiatan yang diperuntukkan sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif digital di Indonesia yang dinamakan DILo Festival 2017 dengan tema Local Digitalpreneur For National Competitiveness.

 

"Bentuk kegiatan dari DILo Festival 2017 diantaranya adalah Pameran Startup Digital," ujar Azmiansyah kepada Republika di sela acara yang digelar di DILo Yogyakarta, Jumat (18/8).

Pada kegiatan ini, lanjut dia, DILo mengundang beberapa startup digital untuk berpartisipasi dan memperlihatkan karyanya kepada para peserta maupun tamu undangan yang hadir.

Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan seminar bertema "Local Digitalpreneur For National Competitiveness". Kegiatan ini untuk menambah wawasan para peserta yang hadir tentang “Local Digitalpreneur For National Competitiveness”.

"Seminar diisi oleh pemateri yang sudah berpengalaman dan berkompeten dalam bidang Industri Kreatif Digital di Indonesia," kata dia.

Setelah itu, acara ini dilanjutkan dengan Present Top 5 kompetisi lokal. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kompetisi lokal yang telah mengurasi tim startup menjadi top 5 dengan ide produk yang bagus, untuk dapat dipresentasikan ke publik area dan pemberian penghargaan serta hadiahnya.

Kepala Wilayah Telkom DIY, Firmansyah mengatakan, DILo Festival 2017 diselenggarakan di 15 kota di Indonesia dengan waktu pelaksanaan yang berbeda, yaitu di bulan Agustus dan Desember.

Untuk bulan Agustus sendiri dilaksanakan pada hari Jumat 18 Agustus 2017 secara serentak di 9 kota DILo antara lain DILo Bogor, DILo Depok, DILo Tangerang, DILo Bekasi, DILo Medan, DILo Surabaya, DILo Denpasar, DILo Solo dan DILo Yogyakarta.

Dan untuk 6 kota lainnya, seperti, DILo Bandung, DILo Banda Aceh, DILo Pekanbaru, DILo Malang, DILo Balikpapan dan DILo Makassar akan diselenggarakan secara serentak pada bulan Desember 2017 mendatang.

Dengan kegiatan DILo Festival 2017 ini, diharapkan para peserta mampu mendapatkan jejaring kolaborasi, wawasan yang luas, serta menumbuhkan semangat dan motivasi, dalam menyiapkan diri agar mampu bersaing di Industri Kreatif Digital nasional maupun global.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement