Rabu 16 Aug 2017 13:41 WIB

Wasekjen Gerindra: Kasus Novel Ujian Bagi Jokowi

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Teguh Firmansyah
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (kiri) bersama istri Rina Emilda (kanan) dan anak bungsunya saat ditemui di Singapura, Selasa (15/8).
Foto: Antara/Monalisa
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (kiri) bersama istri Rina Emilda (kanan) dan anak bungsunya saat ditemui di Singapura, Selasa (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade menilai, kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior pada KPK sudah terlalu berlarut-larut. Terlebih sudah lebih dari 100 hari kasus penganiayaan terjadi, polisi belum juga menemukan titik terang dalam upaya mengungkap motif dan pelaku di balik peristiwa tersebut.

Menurut Andre, penyelesaian kasus tersebut menjadi ujian bagi Presiden Joko Widodo. Jika Jokowi ingin bersungguh-sungguh menyelesaikan kasus, Andre menyarankan pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF). Tim gabungan ini bukan untuk ikut campur dalam proses penegakan hukum, melainkan sebagai pengontrol saja.

"Penyelesaian kasus Novel menjadi ujian bagi Pak Jokowi. Kalau Pak Jokowi benar-benar komitmen, saran kami proses hukum biarkan tetap jalan di kepolisian. Tapi untuk mengkontrol bahwa proses hukum berazaskan berkeadilan dan transparan, ya coba diakomodir untuk membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta," kata Andre saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (17/8).

Andre meyakini, dibentuknya TGPF ini tidak akan mengganggu penegakan hukum. Sebab, proses penegakan hukum tetap bermuara pada penyidik di kepolisian. Tapi, jika TGPF menemukan fakta-fakta terkait kasus tersebut, bisa juga menjadi masukan bagi penyidik.

"Kalau menemukan indikasi-indikasi keterlibatan seseoraang bisa merekomendasikan ke penyidik yang bekerja. Tapi tetap muaranya di penyidik yang mengeksekusi. TGPF hanya memberikan masukan kalau memang ditemukan fakta-fakta yang bisa membantu," tambah Andre.

Baca Juga: Novel Baswedan Dianiaya, Jokowi: Ini Tindakan Brutal, Saya Mengutuk Keras.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement